Nur Muhammad : Dari Sinilah Segalanya Bermula…

Kitab ini dimulai dengan sebuah penjelasan jauh sebelum Allah menciptakan Nabi Adam AS dan kemudian menurunkannya ke bumi beserta istrinya Siti Hawa. Itulah NUR MUHAMMAD (CAHAYA MUHAMMAD), yang Allah ciptakan jauh sebelum Allah menciptakan yang lain. Darinya-lah diciptakan pula Nabi-nabi lain salah satunya adalah Nabi Adam AS, Nabi dan Rasul pertama. Dan Nabi Muhammad  Saw memang sengaja dilahirkan dalam bentuk manusia ke dunia sebagai Nabi dan Rasul terakhir, meskipun nur-nya diciptakan Allah pertama kali. Untuk keterangan lebih lanjut, berikut kutipannya.

Telah diceritakan dalam sebuah hadist, sesungguhnya Allah Ta’ala telah menciptakan sebuah pohon yang memiliki 4 (empat) cabang. Pohon itu dinamakan Sajaratul Yaqin. Kemudian Allah menciptakan Nur Muhammad dari intan putih serupa dengan burung merak. Lalu Allah Swt letakkab burung merak itu di atas Sajaratul yaqin, bertasbihlah burung itu di atas pohon tersebut selama tujuh puluh ribu tahun. Kemudian Allah Swt menciptakan Cermin Kehidupan (Mir Aatil Hayaati) dan diletakkan cermin tersebut di depan burung merak tadi. Ketika burung tersebut menatap cermin, maka terlihatlah wajahnya yang lebih indah dan perhaan yang lebih baik serta lemah lembut tingkah lakunya. Maka dia merasa malu kepada Allah Swt. Lalu berkeringatlah ia hingga meneteslah keringat tersebut sebanyak enam tetesan. Dari tetesan pertama, Allah menjadikan Abu Bakar As Shidiq. Dari tetesan kedua, Allah Swt menjadikan Ummar bin Khattab. Dari tetesan ketiga Allah Swt menjadikan Utsman bin Affan. Dari tetesan keempat Allah menjadikan Ali bin Abi Thalib. Dari tetesan kelima Allah Swt menjadikan bunga mawar. Dan dari tetesan yang keenam, Allah Swt menjadikan padi.

Kemudian bersujudlah Nur-nur yang berasal dari Nur Nabi Muhammad tadi lima kali. Maka jadilah sujud itu atas diri kita sebagai kewajiban lima waktu. Kemudian Allah Swt mewajibkan shalat kepada Nabi Muhammad Saw beserta ummatnya. Kemudian Allah Swt melihat Nur itu sekali lagi. Maka berkeringatlah dia karena malu kepada Allah Swt. Maka Allah menciptakan para malaikat dari keringat hidungnya, menciptakan Arsy dari keringat wajahnya, menciptakan Kursi. Lauh, Qalam, Matahari, Bulan, beberapa Hijab, Bintang-bintang dan segala sesuatu yang ada di langit. Dan menciptakan Nabi, Utusan (Rasul), Ulama, Syuhada  dan Orang-orang shaleh dari keringat dadanya. Dan menciptakan Baitul Makmur (tempat thowaf malaikat), Ka’bah (tempat thowaf manusia), Baitul Maqdis dan tempat-tempat masjid di dunia dari keringat punggungnya. Dan menciptakan ummat Nabi Muhammad (muslimin dan muslimat) dari keringat alisnya. Diciptakannya kaum Yahudi, Nasrani, Majusi dan golongan yang serupa dengan mereka yakni kaum orang yang melampaui batas seperti orang-orang munafi dari keringat telinganya. Diciptakan pula bumi dari timur sampai barat dan apa yang diantara keduanya dari keringat kakinya. Kemudian Allah berfirman kepada Nur Muhammad: “Lihatah dimukamu Wahai Nur Muhammad”. Maka melihatlah dia. Dan terlihatlah dimukanya berupa Nur, dibelakangnya berupa Nur, di kanannya berupa Nur, di krinya berupa Nur. Nur-nur tersebuty adalah Abu Bakar, Umar, Utsman dan Ali. Lalu bertasbihlah ruh-ruh tersebut selama tujuh puluh ribu tahun. Kemudian Allah menjadikan Nur para Nabi dari Nur Nabi Muhammad Saw. Kemudian Allah Swt melihat Nur Muhammad, sekaligus menjadikan ruh-ruh para Nabi dari keringat ruh Muhammad. Dijadikan pula ruh-ruh ummat para Nabi tersebut dari ruh-ruh Nabi mereka, yaki ruh setiap ummat dijadikan dari keringat ruh Nabi mereka.

Nur muhammad2Demikianlah penjelasan awal yang terdapat pada kitab DAQOOIQUL AKHBAR karya Al Imam Abdurrohim bin Ahmad Qodhi yang diterjemahkan menjadi buku “Nur Muhammad: Menyingkap Asal Mula Kejadian Makhluk”. Sebagai muslim yang beriman, akan lebih lengkap iman kita jika percaya sepenuhnya terhadap masalah yang ghaib. Membaca kitab/buku ini, banyak hal-hal ghaib  (baca: aneh bin ganjil) yang mungkin membuat dahi kita berkernyit seraya bergumam, “Benarkah kejadiannya seperti ini?”. Namun perkara ghaib dan ganjil ini ditulis didasarkan dari keterangan yang termaktub dalam Al Qur’an dan Hadist Rasulullah. Sekiranya ada hadist-hadist dhoif (lemah) dalam kitab ini, sebaiknya kita juga mempercayainya, karena menurut ulama terkenal, Syaikh Imam Nawawi Al Bantani, hadist-hadist tersebut bukan berarti palsu, tetapi hanya sanadnya tidak kuat. Maka menurut kesepakatan ulama, hadist-hadist ini dapat dijadikan fadoilul a’mal (menumbuhkan perbuatan baik) walaupun tidak dijadikan sebagai pokok dasar ajaran.

Buku DADalam kitab ini, dibahas pula banyak hal mulai dari asal penciptakan seluruh makhluk sampai dengan misteri kehidupan sesudah mati, termasuk di dalamnya dibahas pula tentang surga dan neraka. Ada juga bahasan tentang Buroq loh, hewan yang disebut-sebut  sebagai kendaraan Rasululllah Saw sewaktu Isra Mi’raj dulu. Membaca kitab ini kita akan dikejutkan oleh hal-hal gaib yang mungkin akan jauh dari nalar kita. Sepertinya kita ini mencoba menerabas alam pikir kita dan menyajikan hal-hal ganjil yang mungkin tidak kita sadari. Semoga setelah membacanya, keimanan kita akan menjadi semakin kuat dan kokoh ditengah hedonisme kaum urban yang terseret arus globalisasi dewasa ini.

Indramayu, 3 Juni 2009
All Rights reserved © 2009

By Ibnu Atoirahman

nb: tulisan ini di-request oleh kaka-natsu.

About these ads

9 comments on “Nur Muhammad : Dari Sinilah Segalanya Bermula…

  1. Assalamu’alaykum warohmatullahi wabarokaatuh

    Maaf baru sempat mampir.Jazakallah khairan katsira,Kang! Request saya sudah dipenuhi. Hehehe…senangnya.
    Subhanallah, memang banyak hal yang kita sebagai manusia tidak ketahui ya, dan ini menunjukkan bahwa manusia tidak selayaknya sombong dimuka bumi ini.
    Terlepas hadits yg disampaikan dibuku ini shahih atau dhaif, tentu saja penulisnya berani menyampaikan ini tentu berani pula bertanggungjawab atas isinya. Dan kita sebagai pembaca,sebaik-baiknya yg kita lakukan adalah mengambil hikmahnya :)
    Sekarang permasalahan saya adalah, dimana saya bisa menemukan buku ini ya? mungkin Kang Ibnu Atoirahman atau pembaca blog yg lain bisa bantu saya? terima kasih sebelumnya

    ~kaka_natsu~

    >>>pH: Terima kasih telah mampir (kembali). hehe.. kalo gak salah beli bukunya di toko kitab-kitab arab gituh. biasanya ada buku terjemahan kitab. Harganya juga murah banget. kalo di gramed dkk aku gak tau. Mungkin temen-temen yang lain ada yang bisa bantu?

  2. ASS…..
    DENGAN memohon rahmat dan Ridho (Allah SWT) teriring doa semoga segalah aktivitas kita bernilai ibadah didisi-Nya… dan semoga keutamanaan tetap tercurakhan kepada Nabi Muhammad SWT, keluarga,sahabat dan pengikutnnya sampai akhir zaman………. Aminnn…..
    Semua yang gaib dan nyata tetang kebersaran dan kekuasaan Allah SWT maka
    saya harus mengatakan itulah tehnik/cara untuk menyiarkan menyiarkan agama Allah,, karena dengan adanya seperti semacam itu maka secara otomatis nilai iman kepadap Allah…. cuman harapan saya jangan sampai melenceng dari norma
    agama yang bersumber pada Al-Qura’an dan Hadist….
    Dikesempatan ini saya inginkan kepada semua pihak agar mengirim berita atau kisah tentang kebesaran Allah SWT…. ego Mandalu Bima

    >>>pH: Wa’alaikum salam. Syukron katsir.. ^_^

  3. alhamdulillah ketemu dengan blog ini..dmana saya bisa mendapatkan buku tersebut…mohon infonya di email saya…terima kasih…wassalam..

    >>>pH: Dulu, saya beli buku ini kalo gak salah di pedagang kaki lima di emperan jalan. Mungkin kang Dedy bisa cari di toko-toko kitab. Biasanya ada tuhu terjemahan kitab ini dalam bahasa Indonesia.

  4. Setelah Aku sempurnakan bentuknya dan Aku tiupkan kepadanya Ruh-Ku, maka hendaklah kamu tunduk merendahkan diri kepadanya (Adam) (QS. 15:29)

    Lalu, dimana kita baca riwayat NUR MUHAMMAD-nya?

    >>>pH: selengkapnya ya di buku ini… :-D

  5. mau dong bukunya….. bagus sekali

    >>>pH: bisa dicari di toko buku/kitab, sepertinya. penerbit Husaini Bandung.

  6. Bagaimana untuk saya mendapatkan buku ini di Malaysia kerana sudah lama saya mencarinya.

    >>>pH: kalau di Malaysia, saya tidak tahu. Coba saja cari di toko kitab. Buku yang saya baca, penerbitnya HUSAINI Bandung indonesia.

  7. …di gramedia ada ga ya..n harga berapa

    >>>pH: Gak tau. Coba saja. Harganya murah. Dulu sih dibawah sepuluh ribu. Kalo sekarang, gak tau.

  8. Sbelumnya saya minta maaf, ini hanya sebagai sesama muslim saling mengigatkan kebenaran & kesabaran. Kalau kita tidak tau tentang yg kita bicarakan jgn bicara tentang itu,jika tdk tau dasar2nya nanti kita bsa keluar dr rilNYA. ”TANYAKAN TENTANG ALLAH PD ORANG YG MENGENAL ALLAH ”jngan pd imam2 yg blajarnya hanya pd ktab2 yg dpikirkan sendiri. Jka ada sesuatu yg tdk kt pahami tnyakan pd hadis jk hadis blm dpt jg tnya dALQURAN jk ALQURAN tdk bsa jg, kembalikan pd ALLAH dlm hal ini kt tanyakan langsung pd ALLAH, dan ini butuh orang yg mengenal ALLAH.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s