(Parodi) Timun, Mas!

timunemas3

(Suasana panggung menggambarkan keadaan pasar yang begitu ramai)

Pedagang 1 : Dipilih..dipilih… angetan.. angetan.. baru dateng dari pabrik! Baju-baju.. Ada baju anak-anak, baju buat yang muda.. yang muda.. Buat nini-nini juga ada.. Ya, dipilih.. nini-nininya.. Upps! He..he.. Ayo.. Bapak-bapak, Ibu-Ibu, semua yang ada di sini (sambil goyang kayak inul).. Dipilih.. (logatnya kayak pedagang dari Padang)

Pedagang 2 : Monggo poro hadirin.. belilah sayur dan buah-buahan.. ini.. Masih pada seger (logat wong Solo). Ada lobak, bonteng. Semangka juga ada.. Monggo mampir..

(Lalu masuk seorang Ibu paruh baya)

Ibu : (melihat-lihat dagangan di Pasar, sepertinya ingin membeli sesuatu)

Pedagang 1 : Ayo, Ibu yang pake baju kuning. Mari-mari sini.. apa yang mau dibeli? (kayak lagunya Abang Tukang Bakso) Ini bagus lho, Bu! Masih angetan.. baru dateng dari pabrik. Coba aja.. Masih anget kan? (Katanya sambil menempelkan baju ke pipi si Ibu)

Ibu : (masih diam membungkam dan terus memilih-milih baju)

Pedagang 1 : Ibu pengen baju kayak apa? Baju anak-anak? Model ini bagus lho, Bu! Model Kriwil-kriwil asik, lagi ngetren. Model kebo nungging juga ada. Pasti cocok deh buat anak Ibu..

Ibu : Sembarangan! (katanya sambil mendelik).. Jangankan anak, suami aja gak punya. Lho?! (jawab sendiri). Udah lama aku menjanda. Makanya aku beteee banget. Butuh tatih tayang….(katanya sambil manja)

Pedagang 2 : Memang, suami Ibu wonten teng pundi?

Ibu : Mati! Udah sepuluh kali aku kawin, suamiku mati melulu. Jadi, jangankan punya anak, punya suami aja gak punya, hu..hu… (katanya sambil menangis).. Makanya aku sedih banget kalo liat baju anak-anak. Bawaannya pengen punya anak gitu… Hu..hu.. (mengusap air mata yang banjir dengan kain)

Pedagang 1 : He..he.. Ibu yang aneh !!!

Ibu : Jika saja ada keajaiban.. Oh, betapa senangnya.. Ada cowok ganteng lewat, terus liat aku, terus…kita kawin en punya anak, trus..ah, asiknya…(seolah-olah membayangkan). Tapi kayaknya gak mungkin. Hu..hu.. Seandainya…

(Tiba-tiba angin bertiup kencang. Seolah ada angin puyuh dateng, semua berterbangan. Barang dagangan berantakan. Masuklah raksasa)

Raksasa : Hi..hi…Upps salah! Ha..ha… Pahlawan Bertopeng….Ha…ha.. (kayak suara Sinchan)

Ibu : Siapa kamu?

(Para pedagang sibuk nyari barang dagangannya yang berantakan)

Raksasa : Gue raksasa kiyut gitu loh….Ha..ha…

Ibu : Jangan pegang aku. Jangan sentuh aku. Don’t touch me.. oh, no..

Raksasa : Alah.. belum dipegang juga! (katanya sambil menepis tangan di Ibu).. Btw, gue bakalan ngabulin permintaan elu apa aja! Mumpung gue lagi ulang tahun nih!

(semuanya ngasih selamat ke Raksasa)

Raksasa : Makasih..makasih..

Ibu : Really?

Raksasa : Ho..oh!

Ibu : Aku pengen kaya, punya suami cakep kayak Brad Pitt, punya mobil keren, rumah mewah, gelang, kalung, cincin.. (terus aja nyerocos)

Raksasa : Hop! Stop! Stop! Kalo bisa kayak gitu, udah lama gue pensiun jadi raksasa. Satu aja!

Ibu : Satu aja?

Raksasa : Ho..oh!

Ibu : Pengen apa ya?….

Raksasa : Ayo.. dipikir-pikir dulu yang bener…

Ibu : Apa ya? Mm..mm.. Aku pengen punya anak!

Raksasa : Kalo gitu elu mesti jadi bini gue! Yok, kita bikin anak (katanya sambil menggandeng ibu keluar)

Ibu : Oh..No! Yang instant aja deh.. Bisa gak?

Raksasa : Payah! Oke deh, tapi ada syaratnya!

Ibu : Apaan tuh.. ? (sambil merem satu matanya)

Raksasa : Karena elu gak mau jadi bini gue, maka gantinya anak elu ini harus diserahin ke gue tepat umur 17 tahun buat gue kawinin. He..he… daun muda, euy!

Ibu : Gak ah..

Raksasa : Ya udah berarti gak jadi!

Ibu : Ya, jangan dong! (mikir lama) Yo wis lah…

Raksasa : Good..good..good.. Nih gue kasih buntelan

Ibu : Bau apa neeh?? (sambil mendengus)

Raksasa : Sorry, buntelannya bekas bungkus terasi (hatchi!!!). Gue alergi terasi. Nih ambil! Gue cabut ya.. hatchi…hatchi…(keluar)

Ibu : Apa ya isinya? Katanya mau ngasih anak, kok dikasih buntelan bau terasi sih..(sambil membuka isinya perlahan-lahan). Oh No, Oh Yes.. Oh, yeah.. Anak bayi….bayi perempuan. Thanks God! (katanya sambil menimang si bayi mungil)

(Pedagang 1 masih sibuk cari baju yang berantakan, sementara pedagang 2 udah standby)

Ibu : Cup..cup.. Timang..timang anak monyet.. (Husyy).. Buat makan siang lalapnya pake apa ya? (mikir sambil gendong bayi)

Pedagang 2 : Bu, putrane baru ya? Anak baru ya?

Ibu : (Tidak mendengar lalu kaget!) Oh, apa, Mas?

Pedagang 2 : Uh, Ibu. Kayaknya seneng banget. Sampe lupa kalo ditanya. Putranya baru?

Ibu : Oh, iya…

Pedagang 2 : Namanya siapa, Bu?

(Ibu tidak mendengar)

Ibu : Enaknya pake bonteng apa timun ya?

Pedagang 2 : Namanya siapa Bu?

(Ibu tetap tidak mendengar)

Ibu : Pake apa ya… Bonteng.. timun.. bonteng.. timun. (sambil mikir). Ya, udah timun aja, Mas! Ya. Timun, Mas!

Pedagang : Oh, namanya Timun Emas…

Ibu : He..eh.. aku beli sekilo ya.. buat makan siang!

Pedagang 2 : Lho?? (bingung)

Ada tulisan : 17 TAHUN KEMUDIAN….

Ibu : Udah 17 tahun, aku masih gini-gini aja. Gak kaya-kaya.. Kondisiku udah semakin tua. Aku udah gak kuat buat nyari kayu bakar di hutan. Untungnya ada si Timun. Anak itu emang anak yang baik. Tapi kadang susah diatur, mungkin udah mulai jadi ABG. Makanya sering digodain ama bocah tua nakal di pinggir hutan. (Menerawang). Mmm.. anakku emang ayu tenan. Tapi aku jadi khawatir. Dia mulai beranjak dewasa. Aku khawatir kalo si Raksasa gelo itu tiba-tiba datang dan mau mengambil anakku. Ndak..ndak boleh!

Timun : Ibu… Ibu… Aku pulaaang….

Ibu : Ini dia anakku itu, Timun. Cakep kan?…..Gimana nduk?

Timun : Nih, Bu! Kayu bakarnya. Capek banget. Mana di jalan tadi digodain ama Bang Toyib lagi.

Ibu : Siapa? (kurang denger)

Timun : Bang Toyib, Bu! Duda kolot yang ibu sebut Bocah Tua Nakal itu! Gayanya itu lho, Bu yang menjijaykan!

Ibu : He..he.. Bang Toyib ya.. Ndak papa, Nduk! Sebenarnya dia baik, Cuma lagi pusing aja. Istrinya nyari-nyari sampe tiga kali lebaran, tiga kali puasa.

(Tiba-tiba angin berhembus kencang sekali dan terdengar suara tawa yang membahana)

Raksasa : Hua… haa..ha…

Timun : Ada apa, Bu?

Ibu : Saatnya sudah tiba, Nduk! Inilah yang Ibu takutkan.

Timun : Apa maksud Ibu?

Ibu : Sebenarnya kau bukan anak kandung Ibu. Tapi Ibu demikian sayang padamu. Raksasa Gunung Merapi (temennya Mak Lampir gitu) yang memberikanmu kepadaku. Cuma syaratnya, saat 17 tahun kamu akan diambil olehnya. Inilah saat itu…

Timun : Appa? Jadi.. gimana dooong.. (sambil gemeteran)

Ibu : Tenang aja. Si Raksasa itu alergi ama terasi. Ini ibu kasih kain buntelan yang dulu dipakai membungkusmu waktu masih bayi. Ini dijamin asli, bau terasi banget gitu loh! Sengaja ibu gak cuci-cuci biar tambah manteppp!

Timun : (menerima kain buntelan). Hatchi…

Ibu : Larilah…

Timun : Tapi, Bu.. Ibu bagaimana?

Ibu : Sudahlah.. Ibu tidak apa-apa. Ibu baik-baik saja (lagunya Ratu). Sekaplah kain itu ke muka Raksasa..

(Timun pun lari)

Raksasa : (masuk) hua…haa…aha.. Mana janjimu Ibu Tua.. Timun harus diserahin ke gue.

Ibu : Kepompong kupu-kupu.. Kacian deh lu.. Dia udah lari tau.

Raksasa : Appa? Si Alan Budi Kusuma Susi Susanti

(Raksasa mengejar Timun di susul oleh Ibu dibelakangnya)

Raksasa : Hai Timun, jangan lari lu.. Bakal gue uber…

Ibu : Woi Raksasa.. Jangan kejar anakku.. Nih, aku aja…

Raksasa : Wah… Sori morie… Kalo elu sih udah kadaluarsa.

(mereka kejar-kejaran, keluar masuk panggung)

Timun : Woi.. Raksasa jelek.. Buruan Kejar Gue kalo berani…

(Tanpa sengaja, Timun menabrak seorang pemuda)

Timun : Upps. (berpandangan mata sambil mengambil kain yang jatuh barengan dengan pemuda itu, kayak iklan axe gitu). Mas.. Tolongin aku. Aku dikejar-kejar ama Raksasa..

Pemuda : Hare gene masih ada raksasa.. Mana..mana.. (sambil celingukan)

Timun : Itu di sana. Dia sangat seram dan cuma bisa dilawan dengan terasi. Kain ini baru terasi, Mas. Sungguh!!! (katanya meyakinkan)

Pemuda : Idddiiih.. (tiba-tiba kain itu dilepaskan)

Timun : Tolonglah, Mas.. Please.. (dengan nada memelas)

Pemuda : Kamu siapa?

Timun : Nama saya Timun, Mas!

Pemuda : Oh Timun Emas (?) Kaya dong banyak emasnya.

Baiklah.. Kita lalui bersama (kayak lagunya Siti Nurhaliza)

(mereka membentangkan kain yang bau terasi itu sambil mengumandangkan lagu mars)

Timun/Pemuda : Hidup terasi.. Hidup terasi.. Hidup terasi…

(Raksasa pun datang)

Raksasa : Hua.. haa.. haa.. Timun .. kau tidak bisa lari lagi..

Timun : (Agak ketakutan). Gimana dong, Mas? Aku takut banget… (gemeter)

Pemuda : Jangan takut.. Kita lalui bersama…Hidup terasi.. hidup terasi..

(Raksasa pun akhirnya mencekal tangan Timun. Timun pun meronta, menjerit. Tepat dibelakangnya, si Pemuda tadi membekap raksasa dengan kain)

Raksasa : Oh.. tidak.. bau.. bau.. Hatchi… hatchi… (kelenger lalu mati)

Timun/Pemuda : Horre…. Hip.. hip.. hore… Kita berhasil! (sambil toast)

(Ibu masuk)

Ibu : Mun.. Timuuun.. Timuun.. Gimana raksasanya? Kamu baik-baik aja?

Timun : (Memeluk Ibu). Ibu…. Raksasanya udah mati, Bu..

Ibu : Syukurlah… (lalu melirik pemuda). Btw, Shapaa neeeh…? (sambil kedip-kedipin mata)

Timun : (Sambil malu-malu). Oh, iya.. Kenalin, Bu. Calon mantu.. Dia yang membunuh si Raksasa itu

Pemuda : Nama saya Sam, Bu…

Ibu : Terima kasih, Nak Sam. Nama lengkapnya Sam siapa?

Pemuda : Sambel Terasi… (sambil tersipu-sipu malu)

Timun/Ibu : (Berpandangan) Oh… panteeees… (ketiganya tertawa gembira)

Indramayu, 4 Desember 2005

All rights reserved (c) 2005

ir-copyraight17


One comment on “(Parodi) Timun, Mas!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s