Dae Jang Geum

jang-geum

PERNAH nonton drama Korea yang judulnya Jewel in The Palace gak? Itu loh drama yang terinspirasi dari kisah nyata tentang kehidupan seorang dayang sekaligus perawat istana bernama Jang Geum? Pernah gak? Kalo pernah, apa komentarmu?

Setidaknya, mungkin komentar kita adalah sama. Sungguh, luar biasa! Melalui drama tersebut, kita diajak berkeliling ke masa lalu (upps, jadi kayak Mesin Waktu nih!), melihat negeri Korea pada masa awal kekaisaran. Disanalah kita bertemu dengan tokoh utama kita: Jang Geum. Kita diajak untuk mengikuti detil perjalanan hidupnya mulai dari masa kecil hingga dewasa.

Karena semua telah digariskan. Karena semua telah ditakdirkan demikian. Demikian pesan yang bisa kuambil dari serial drama tersebut. Dikisahkan, mulai dari masih kanak-kanak sampai dewasa, Jang Geum yang menjadi tokoh utama begitu sering mendapat masalah. Mulai dari kematian orang tuanya, harus bekerja keras sedari kecil sampai mendapat fitnah dari orang-orang yang membencinya. Namun justru masalah-masalah yang ia hadapi itulah yang mengantarkan dirinya menjadi sosok yang lebih baik dari sebelumnya dan berhasil mencapai cita-citanya menjadi seorang dayang dan perawat istana.

Menyaksikan serial drama ini, perasaan kita akan diaduk-aduk oleh alur cerita dalam situasi naik turun antara kesedihan dan kebahagiaan yang datang silih berganti. Pokoke harap-harap cemas deh! Ada suka dan duka, ada senyum dan tangis, ada ketegangan dan kelucuan. Pokoke sangat seru!

jang-geum2Selain tegar dalam menghadapi masalah, Jang Geum adalah sosok yang penuh disiplin dan seorang pekerja keras dalam mencapai keinginannya. Hingga akhirnya ia pun berhasil menjadi seorang tabib wanita pertama dalam lingkungan istana. Bahkan ia pun berhasil menjadi tabib yang pertama kali melakukan bedah cesar pada ibu melahirkan dengan peralatan sederhana. Sungguh luar biasa!

Dari kisah tadi, kita akan banyak belajar tentang arti sebuah kehidupan. Ketika jiwamu serasa hidup dengan penuh semangat dalam menjalani segala sesuatu, bersyukurlah dengan tetap terus waspada. Tapi jika kematian jiwa sedang kau alami, bersabarlah, karena pasti akan ada kehidupan baru untukmu tidak lama lagi. Tiap hari dalam diri kita akan datang kehidupan dan kematian yang datang silih berganti, seperti siang dan malam.

Karena sadar atau tidak, dalam diri kita juga ada matahari. Dia terbit di pagi hari dan tenggelam di sore hari. Kadang ia bersinar terang, kadang tertutup awan kelabu. Kadang panasnya begitu menyengat, kadang pula hari seolah tanpa matahari. Begitulah kita tidak bisa memaksa kehendak alam dalam diri kita. Ia seolah diperintah Tuhan dalam kitab takdir-Nya. Biarkan saja ia tenggelam dalam keremangan senja, karena esok hari ia akan terbit lagi membawa kecerahan dalam hidup kita. Ya, karena semua memang telah digariskan demikian…

Allrights reserved (c) 2008

Iklan

6 comments on “Dae Jang Geum

  1. Jang Geum
    masak di kita nggak ada yang kayak dia?
    ini kalau saya bandingkan dengan tayangan sinetron yang pemain wanitanya berjilbab tapi problematika yang dihadapi jauh dari nuansa perjuangan seperti dilakukan Jang Geum dalam memberikan solusi atas nasibnya

    pH: he..he… Perlu ditanyakan tuh ame produser-produser di Indonesia. Seharusnya mereka bisa bikin ‘produk’ sehebat Jang Geum. Kalo dibikin dari hati, insya Allah bisa! Bukan sekedar ngejar rating ataw ‘kejar setoran’ belaka

  2. padahal ada ibnu sina….
    kapan yah dibikin film nya.
    karyanya kan banyak, trus dipake literatur sama bangsa eropa lagi.

    >>>pH: Boleh tanya ama produser-produser kita tuh. Atau sofyan tertarik untuk jadi produser. Hehehe…

  3. saya lebih penasaran lagi tentang biografinya jang geum, bukan cuma tau masa kecil hingga keberhasilan, hanya penasaran sama novel apakah ada novel cerita tersebut dengan 2 bahasa (korea-indonesia)

    >>>pH: Wah, kalo ada buku (novel) nya, aku juga mau tuh ^^

  4. Saya adadalah salah satu penggemar cerita ini. SEMPURNA wajar jika sampe Booming di 14 negara. Sebenernya sih ceritanya kelewat sederhana tentang impian seorang Juru masak, eee kok bisa di larikan kemana-mana sampai ke POLITIK bener2 dahsyat dan semua mengalir begitu saja teristimewa waktu menjelaskan masakan wedehhhh bener skenario yang perfect…. KALO ADA NOVELNYA AKU JUGA MAUUU kasih-kasih kabr ya eh tapi kalo ada yang mau VIDEONYA dalam format AVi ada (browse aja di http://www.indowebster.com)

    >>>pH: Oke, tengs infonya…

  5. kerren memang ceritanya..Sifatnya yang pantang menyerah walau sering jatuh bangun dulu..Tapi karna itulah sifatnya patut kita tiru,,jangan kita meniru sifat geum yong,walau pintar tapi dapat terpengaruh juga,,

    >>>pH: iyapp! ini salah satu drama korea dengan setting kerajaan favorit saya, selain the great queen seon duk 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s