Kalender Masehi Salah Ngitung

calendarMenurut perhitungan orang Romawi, satu tahun terdiri dari 365, 25 hari (tepatnya 365 hari 5 jam 48 menit), yaitu Bumi satu kali berevolusi mengelilingi Matahari. Karena nilainya tidak bulat (ada angka decimal), maka tentu saja menimbulkan kesulitan pada setiap awal atau akhir tahun. Oleh karena itulah, Kaisar Romawi Julius Caesar pada tahun 47 SM menetapkan bahwa satu tahun hanya berisi 365 hari. Sisanya sebanyak seperempat hari digabungkan menjadi satu hari dalam empat tahun sekali. Agar te[at kembali seperti semula, maka tahun keempat menjadi 366 hari, yang disebut tahun kabisat. Satu hari tersebut ditambahkan pada bulan Februari yang biasanya 28 hari, pada tahun keempat menjadi 29 hari (udah pada tahu, kan?). Agar lebih mudah, tahun kabisat ditetapkan adalah tahun yang habis dibagi dengan angka empat.

Sebenarnya, menurut penelitian, perhitungan tahun oleh Julius Caesar kelebihan 11 menit. Hal ini karena, bumi tepat berevolusi mengelilingi matahari yaitu 365 hari 5 jam 48 menit. Memang sih kelihatannya sepele, kan hanya beda sebelas menit saja. Tapi coba perhatikan, jika kelebihan menit itu diakumulasi dalam empat tahun saja, maka menjadi 48 menit. Bagaimana jika kelebihan itu dihitung sampai ratusan bahkan ribuan tahun. Pasti nilainya sangat besar sekali bukan?

Fenomena inilah yang diamati oleh Paus Gregorius pada abad 16 yang menyaksikan musim semi pada tanggal 11 Maret, bukan pada tanggal 21 Maret sebagaimana mestinya. Akhirnya, paus itu mengumumkan tentang perubahan system penanggalan (kalender) pada tanggal 4 OKtober 1582. Ia mengumumkan bahwa besoknya bukan tanggal 5 Oktober 1582, tetapi melompat menjadi tanggal 15 Oktober 1582, sehingga ketinggalan 10 hari dalam system penanggalan tersebut dapat dikejar. Selain itu, Paus Gregorius menyempurnakan perhitungan tahun kabisat yang dilakukan Caesar, yaitu yang menjadi tahun kabisat adalah angka tahun yang dapat dibagi empat, dan hanya angka abad yang dibagi 400. Penentuan ini hanya akan berbeda satu hari dengan datangnya musim semi tahun 3300 [i@R]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s