Wanita Wafat Selepas Shalat

Siang itu, langit tertutup awan kelabu. Seperti turut serta merasakan kesedihan atas meninggalnya seorang wanita shalehah. Wak Jariyah, demikian nama wanita yang telah renta itu mengakhiri hidupnya dengan cara yang sangat indah. Beliau menghadap Rabbul Izzati tepat setelah menunaikan shalat shubuh berjamaah di musholla yang tidak jauh dari rumahnya. Sungguh merupakan akhir kehidupan yang baik, atau islam menyebutnya khusnul khatimah, yang balasannya insya Allah tak lain adalah surga.

wanita sholatKejadian ini bermula ketika Wak Jariyah akan menunaikan shalat shubuh berjamaah di musholla. Seperti banyak diketahui oleh tetangganya, Wak Jariyah adalah seorang wanita lanjut usia yang rajin shalat berjamaah di musholla. Masa tua yang renta tidak menyurutkan niatnya untuk beribadah kepada Allah, salah satunya dengan shalat berjamaah di musholla yang kebetulan letaknya tidak jauh dari rumahnya. Sebelum adzan shubuh berkumandang, Wak Jariyah telah lebih dulu datang ke musholla tersebut. Sambil menunggu Shubuh, biasanya beliau menyibukkan dirinya dengan berdzikir, memuji nama Allah Yang Maha Agung. Beliau juga dikenal baik oleh para tetangganya karena perangainya yang rendah hati dan suka menolong. Satu persatu, jamaah Shubuh mulai berdatangan. Kebanyakan dari mereka adalah para wanita yang tidak lain adalah tetangga Wak Jariyah. Mereka sudah saling mengenal karena seringnya berkomunikasi ketika shalat berjamaah di musholla yang tidak terlalu besar itu. Akhirnya, adzan Shubuh pun berkumandang dengan merdu. Setelah melantunkan puji-pujian (sambil menunggu imam tiba), mereka pun melaksanakan shalat Shubuh berjamaah dengan penuh khusu’ dan khidmat. Dua rakaat Shubuh terasa sangat syahdu, merasuk ke dalam jiwa hamba-hamba-Nya yang tengah larut dalam buaian nikmatnya beribadah kepada Sang Maha Pencipta. Sungguh tak terlukiskan kata-kata.

sholatSelesai shalat, mereka juga masih menyempatkan berdzikir dan berdoa kepada Allah, memohon keselamatan dunia akhirat. Mereka kerjakan semuanya dengan penuh harap dan khusu’, tak terkecuali Wak Jariyah. Setelah itu, mereka bersalam-salaman saling memaafkan. Ada yang aneh waktu itu. Wak Jariyah bersalaman dengan para tetangganya dengan tangan kiri. Kemudian, beliau juga menyentuh badan salah seorang temannya. Dengan menggunakan bahasa isyarat, Wak Jariyah seolah meminta agar mukenahnya dilepas. Kontan saja seluruh jamaah geger. Ternyata Wak Jariyah telah kehilangan suaranya dan sebagian tubuhnya telah mati rasa. Setelah itu, Sang Malakul Maut segera saja menjemputnya. Beliau meninggal dunia tepat setelah melaksanakan shalat Shubuh berjamaah. Wak Jariyah yang shalehah menghadap Rabb-Nya dengan penuh ketenangan. Sungguh, ini merupakan anugerah Allah yang tak terkira kepada seorang hamba yang sangat dikasihi-Nya. Menurut pengakuan seorang tetangga, sepanjang hidupnya ternyata Wak Jariyah selain rajin shalat berjamaah, beliau juga rajin mengamalkan surat Al Mulk dengan harapan terbebas dari siksa kubur. Subhanallah.

One comment on “Wanita Wafat Selepas Shalat

  1. Koleksi Foto Masjid Eropa Yang Luar Biasa

    Berada di benua eropa, Islam tetap tumbuh dan berkembang di kawasan itu.
    Walaupun menjadi Minoritas Di Kawasan Eropa, Umat Muslim tetap memiliki
    Masjid – Masjid yang luar biasa dengan corak arsitektur yang berbeda dengan
    Masjid pada umumnya di Kawasan Timur Tengah maupun Asia.
    Berikut ini koleksi Foto Masjid yang berada di Inggris, Belanda, Belgia, Perancis,
    Spanyol dan Italia.
    Dapat di Download di http://www.ziddu.com/download/5155299/Koleksi_Foto_Masjid2_Eropa.zip.html

    >>>pH: Terima kasih atas infonya ya. Tapi kok isinya tentang israel semua sih?.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s