Mengenal Kalender Hijriyah

Coba tanyakan pada orang-orang terdekat anda, entah itu sodara, temen, adik atau yang lainnya. Suruh mereka untuk menyebutkan nama-nama bulan dalam kalender masehi? Oke.. Sudah? Sebagian besar, mungkin akan menjawab benar pertanyaan kamu ini. Mereka akan memulainya dengan Januari, Februari.. sampai Desember. “Ah, itu mah kecil” gitu kata mereka.

Kalender hijriNah sekarang, coba tanyakan pada mereka (terutama yang muslim) untuk menyebutkan nama-nama bulan dalam kalender hijriya. Yupp? Kalender hijriyah, bukan yang lain. Oke, sudah? Gimana jawaban mereka? Mungkin jawabannya berbeda-beda. Ada yang benar (mungkin udah tahu dan hafal kali), ada yang separuh benar (tahu tapi nggak hafal) bahkan ada yang baru denger untuk pertama kali alias gak tahu sama sekali. Wuah.. ironis ya.. Jangan-jangan anda sendiri termasuk di dalamnya? Mudah-mudahan tidak ya.. Ya.. minimal kita tahu bahwa Islam juga punya kalender, punya penanggalan yang gak kalah kerennya dengan bangsa lain. Kalo sudah gitu, malu dong, ngaku islam tapi gak hafal sama kalender sendiri. ^_^V

bulanDalam Islam, kalender yang digunakan namanya Kalender Hijriyah. Tahun hijriyah merupakan tahun Qomariyah, maksudnya penghitungannya didasarkan  pada peredaran bulan. Kita kan udah tahu, kalau Bulan mengelilingi Bumi membutuhkan waktu sebanyak 29,5 hari. Inilah yang dijadikan dasar bagi penghitungan kalender qomariyah atau kalender bulan. Namun angka 29, 5 tidak lazim digunakan untuk menghitung satu hari. Oleh karena itu seringkali dibulatkan menjadi 29 atau 30 hari. Jadi terlihat disini kalau dalam satu bulan qomariyah maksimal terisi adalah 30 hari bukan 31 hari seperti pada kalender syamsiyah (masehi). Jika dihitung jumlah hari dalam setahun qomariyah adalah 29,5 x 12 = 354 hari. Jumlah hari ini dalam setahun selalu sama, tidak dikenal tahun kabisat (tahun terpanjang). Dengan demikian, selisih antara tahun qomariyah dan tahun syamsiyah (contohnya, tahun masehi baik biasa maupun masehi kabisat adalah 11 dan 12 hari.

bulan2Sama seperti kalender masehi, kalender hijriyah memiliki dua belas bulan juga. Dimulai dari Muharram, Shafar… sampai yang terakhir adalah Dzulhijjah. Mungkin yang paling sering kita kenal adalah Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah. Soalnya tiga bulan tersebut, sebagian besar umat Islam lagi punya gawe yakni puasa sebulan penuh di bulan Ramadhan, merayakan Idul Fitri di bulan Syawwal dan idul Adha di bulan Dzulhijjah. Bulan-bulan yang lain seperti “tidak tersentuh” di hati ummat islam itu sendiri. Padahal banyak juga loh peristiwa akbar dalam bulan-bulan lain dalam kalender hijriyah tersebut. Yuk, kita bahas.

Berikut nama-nama bulan dalam Kalender Hijriyah berikut artinya.

  1. Muharram –  Yang Dimuliakan
  2. Shafar – Kosong (mungkin karena tidak ada perang)
  3. Rabiul Awwal – Musim Semi yang pertama
  4. Rabiul Tsani/akhir – Musim Semi yang kedua
  5. Jumadil Awal – Musim Dingin yang pertama
  6. Jumadits Tsani/Akhir – Musim Dingin yang kedua
  7. Rajab – Agung (ada yang mengartikan Rasulullah, Jibril , Buraq)
  8. Sya’ban – Bercabang-cabang
  9. Ramadhan – Terbakar (musim panas)
  10. Syawal – Mengangkat (saat itu musim unta kawin)
  11. Dzulqa’dah – Duduk-duduk (santai, mungkin tidak ada perang)
  12. Dzulhijjah – Musim Haji

Ada yang disebut Syahrul Hurum (Bulan-bulan yang mulia) yang terdiri dari : Muharram, Rajab, Dzulqa’dah dan Dzulhijjah. Ramadhan disebut sebagai Syahrul Mubarak (Bulan istimewa).

masjid

Berikut beberapa peristiwa penting dalam Kalender Hijriyah :

  1. Hijrah Rasulullah dari Mekkah ke Madinah ( 1 Muharram)
  2. Maulid/Kelahiran Rasulullah (12 Rabiul Awwal)
  3. Isra Mi’raj Rasulullah (27 Rajab)
  4. Nishfu Sya’ban ( 15 Sya’ban)
  5. Puasa dan Lailatul Qadar ( selama Ramadhan)
  6. Idul Fitri (1 Syawwal)
  7. Idul Adha dan Hari Tasyriq ( 10 – 13  Dzulhijjah)

Indramayu, 21 Juni 2009

Sumber gambar:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s