Stereogram : 3D in 2D

Waktu zaman kuliah dulu, aku disodori sebuah buku unik. Isinya gambar-gambar semua. Namun lucunya, gambar itu bukan gambar seperti kebanyakan. Kalo gambar umum kan, ya… ada gambarnya langsung. Gambar orang, ya.. ada gambarnya. Gambar pemandangan, ya.. ada pemandangannya. Nah, ini beda. Asli beda! Hehe.. Gambarnya berupa susunan gambar teratur tapi monoton. Kayak semacam gambar tekstur, pola atau semacamnya. Pokoke gak ada gambarnya langsung. Tentu aku heran, “Mana gambarnya nih?” temanku menjawab, “Ada kok. Ini namanya stereogram. Gambarnya bagus banget loh”.

Karena penasaran, aku pun mencoba melihat dengan menggunakan teknik focus (mirip kayak kamera gitu) yang diajarkan temanku. Mm… gak berhasil juga. Gimana sih, caranya? Aku terus berusaha.. Tapi, yang ada malah tambah pusiing… Namun setelah perjuangan keras dan melelahkan (hehe… terlalu hiperbola deh). Akhirnya… aku bisa lihat! AKu bisa lihat… hehe.. Maksudnya aku bisa lihat gambar stereogram gitu loh. Wuihh, ternyata keren juga (temenku gak bohong!). Gambarnya mirip kayak maket (model-model bangunan ada di boks-boks kaca itu loh). Yupp, mirip itu. Persis. Bentuknya pun 3D (3 dimensi). Namun disajikan dalam media 2D (2 dimensi). Hebat kan? Nah, buat anda yang penasaran, nih aku kasih beberapa contohnya. Cuma jangan kelamaan liat di komputer. Bisa bikin kepala pussing dan mata sakiit. Hehe… Tapi kalo penasaran siih yaa.. terserah. Hihi….

Test#1

boromagic

Test#2

2

Test#3

3

Test#4

4

Test#5

5

Sudah ya… matanya jadi sakiiiit kalo keterusan. hehehe…. ^_^

Indramayu, 5 Agustus 2009

5 comments on “Stereogram : 3D in 2D

  1. oia, cara nengeliatnya gimana,
    focus pada satu gambar atau satu titik??

    >>>pH: Fokus pada satu titik, mirip kayak teknik autofokus kamera atau teknik mata juling. (Gimana ya cara me-raga-kannya. hehe..). Habis itu, liat gambar dibalik gambar tersebut. ada gambar 3D-nya, mirip kayak maket gedung-gedung. Waktu pertama kali juga, aku selalu gak berhasil. Susah banget. Tapi dicoba terus, akhirnya bisa lihat juga. Cuma, kalo kelamaan jadi pusssiiing. Hihi…

  2. susah gan,….. saya ngak liat apa2… mana mata gw juling 360 derajat…….. dak liat apa2….. kasih tau dong cara yg paling gampangx,,!

    >>>pH: Susah ya gan? saya juga gitu, dulu. Matanya ampe puyeng (?). Tapi karena penasaran, saya coba terus. Mungkin ini bisa membantu (di dapet dari website temen-ku): http://ontohod.wordpress.com/2008/02/21/stereogram/

  3. masih punya banyak gambar nga … enak buat tebak-tebakan …. yang oon pasti stresssssss

    >>>pH: Haha…. masih banyaaaak kok di rumah, mas. Tertarikk??

  4. gambar 1 = 3 oval saling melilit
    gambar 2 = dinosaurus atau amjimg laut
    gambar 3 = sejenis bunga
    gambar 4 = hati
    gambar 5 = orang sedang menarik sesuatu

    >>>pH: Wah..wah… *kagum.com

Tinggalkan Balasan

