Misteri Elang Perak

Elang PerakSewaktu masih sekolah dasar dulu, ada satu film yang sering kita tunggu-tunggu. Sebuah film kartun tentang superhero yang menamakan diri mereka Elang Perak. Mereka adalah sekelompok manusia yang berubah menjadi manusia burung yang bertugas membasmi kejahatan, menegakkan kebenaran. Hehe… ya, kayak superhero-superhero lainnya deh.

Namun buku yang akan aku bahas ini, beda! Bukan tentang Sang Elang Perak dalam film kartun tersebut, meskipun judulnya hampir sama. Yupp, sebuah buku bergenre fiksi (novel) berjudul ”Misteri Elang Perak” yang ditulis oleh Ryvafie Damani. Keren juga nih nama penulisnya. Aku pikir cuma nama seorang saja, ternyata ’Ryvafie Damani’ merupakan nama gabungan dari ketiga penulis yakni Mbak Ary Nilandari, Mbak Eva Y. Nukman dan Mbak Sofie Dewayani. Tiga perempuan penulis yang saling berkolaborasi membuat sebuah novel berjudul Misteri Elang Perak.

44131Sebenarnya, novel ini merupakan novel fiksi yang khusus diperuntukkan untuk anak-anak. Namun remaja maupun dewasa pun dapat menikmatinya sebagai bentuk hiburan bagi para kutu buku yang haus akan bacaan. Membaca buku ini mengingatkan saya akan buku-buku petualangan anak-anak khas detektif karya dari Enid Blyton (Empat Sekawan) maupun Alfred Hitchock (Trio Detektif). Mm.. ya, kurang lebih seperti itu lah. Pokoke seru lah, penuh dengan petualangan khas anak-anak. Bedanya, dalam novel ini dibumbui dengan nilai-nilai islami. Nuansa lokal pun cukup terasa seperti terlihat dalam setting cerita yang mengambil lokasi di daerah Jawa Barat khususnya suku Sunda.

44134Kisahnya sendiri bermula dari sebuah legenda Pak Wangsa yang penuh duka dan misteri, serta kemunculan Elang Perak (kalo ini emang bener-bener binatang burung Elang berwarna keperakan) yang tidak terlihat oleh sembarangan orang. Ternyata peritiwa tersebut mempertemukan sekumpulan bocah SD yakni El, Anggi, Peony dan Raka. Mereka tadinya belum akrab, namun akhirnya bisa saling mengenal dan menjadi sahabat karib karena serangkaian peristiwa. Buku super lecek yang ditemukan oleh Peony di perpustakaan daerah, hewan-hewan yang sering membuntuti Raka, pintu-pintu yang sering terbanting sendiri, seakan mengisyarakat bahwa mereka sengaja dipertemukan bukan karena sebuah kebetulan. Elang Perak ternyata mungkin juga berarti singkatan nama-nama mereka. Anak-anak SD tersebut pun ternyata memiliki kekuatan supranatural yang luar biasa, dan konon katanya merupakan warisan dari Pak Wangsa yang hidup 200 tahun yang lalu. Seperti misalnya, El memiliki kemampuan telekinesis (memindahkan benda dari jarak jauh), Anggi punya kemampuan membuat gambar ilustrasi, Peony bisa mengetahui cerita masa lalu dari benda-benda yang dipegangnya dan Raka yang mampu bertelepati dengan (memahami bahasa) binatang. Kasus-kasus pencurian yang terjadi di sekolah pun akhirnya dapat mereka pecahkan berkat bantuan kekuatan supranatural yang mereka miliki secara tiba-tiba. Dan diakhir cerita, mereka pun akhirnya dapat memecahkan misteri tentang Pak Wangsa di sebuah gua di Cadaselang. Pokoke seru deh, penuh ketegangan dan petualangan, khas anak-anak!

Indramayu, 9 Agustus 2009
All rights reserved © 2009
By Ibnu Atoirahman

Catatan : Tulisan ini di-request oleh Iksan

10 comments on “Misteri Elang Perak

  1. Mas Ibnu, terima kasih untuk tulisan tentang buku ini. Va menemukannya dan semangat Ryvafie tersulut lagi.

    Salam takzim
    Ry

    >>>pH: Waaah, senangnya dapet kunjungan dari penulis asli buku “Misteri Elang Perak” (girang. mode : on). Hehe… Mohon doanya ya, Mbak Ary.. Oh, ya salam juga buwat Mbak Eva dan Mbak Sofie. Tetep smangat! En.. ditunggu karya berikutnya…

  2. Aku suka banget ceritanya. Menyatu banget. Seperti satu rangkaian aja. lucu, menyedihkan, dan juga menakutkan.Aku nggak bosen ma buku ini, meskipun udah dibaca berulang-ulang.

    >>>pH: Iya, mbak. Aku juga suka.

  3. aku baca buku ini sejak kelas empat SD dan sekarang aku sdh kelas 1 SMA… dan hebatnya lagi… aku msh mngingat isinya dgn baik… aku suka El-Anggi-Peony-Raka…………………………………………………………………….

  4. Ping-balik: Diingatkan Lagi tentang “Misteri Elang Perak” | My World of Words

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s