September Tragedi

Sebenarnya, banyak film-film bergenre horor dan mistis yang bikin bulu kuduk merinding dan ngeri. Di luar negeri, jaman-jaman dulu ada film misteri yang cukup ‘menakutkan’ yakni Friday 13th. Kisahnya yang misterius kadang bikin jantung deg-degan. Film –film mandarin pun tak kalah seru dan mistisnya. Kalo di Indonesia sendiri, film-film serupa pun tak kalah banyaknya, terutama horor jadul (jaman dulu) dengan pemeran utama Suzanna (ih, paling sering banget nih) sampe horor modern yang intinya sama namun dikemas lebih ‘modern’. Huihh.. Untuk urusan sadis-mensadis (istilah apa pula ini?) banyak banget film (terutama luar negeri) yang bercerita tentang kekerasan. Ih, pokonya ngeri banget deh.

G30SNamun bagiku, film paling ‘serem’ sekaligus dengan tambahan misterius dan agak-agak sadis adalah film “Pengkhianatan G 30 S/PKI (1984)” karya sutradara Arifin C. Noer.  Film ini diwajibkan oleh pemerintah Orde Baru untuk diputar di semua stasiun televisi setiap tahun pada tanggal 30 September untuk memperingati insiden Gerakan 30 September 1965.

Wuihh, sampe sekarang kalo disuruh nonton film itu, masih agak mikir-mikir walaupun zamannya sekarang udah beda. Waktu masih kecil, perasaan serem dan ngeri kental banget terasa. Makanya, aku tidak pernah tuntas nonton film itu, selain durasi yang lamaaa banget juga karena ‘serem’nya itu. Padahal kalo jaman sekarang sih, banyak banget film-film yang lebih ngeri dan ‘sadis’ dibandingkan film itu. Namun entah kenapa, film itu merupakan film paling ‘seram’ yang pernah ada di Indonesia, menurutku. Makanya, jadilah tanggal 30 September merupakan hari yang paling aku benci, Karena tepat tanggal itu, salah satu televise wajib menyiarkan film tersebut. Yupp, dikatakan wajib karena semasa orde baru film tersebut haruslah diputar tepat tanggal 30 september setiap tahunnya.

Tapi untunglah, sekarang itu itu gak diputer lagi di TV. Film tersebut ternyata juga mengandung banyak kontroversi. Terlepas dari benar atau tidaknya fakta sejarah yang ditampilkan, film ini memang film yang langka. Mengungkap tentang kisah pemberontakan salah satu partai yang kemudian terlarang di Indonesia yakni PKI, yang menculik jenderal-jendral TNI untuk kemudian mereka bunuh dengan isu bahwa merekalah yang melakukan kudeta. Padahal, PKI sendirilah yang melakukan kudeta itu sendiri. Digambarkan, betapa ‘sadis’ nya penyiksaan yang mereka lakukan terhadap para jenderal tersebut. Wuiih, pokoke ngeri deh. Aku jadi membayangkan bagaimana kisah nyata itu terjadi. Pasti lebih ngeri, mungkin. Film ini seolah menyeret alam bawah sadarku (juga penonton lain) untuk hanyut dalam ceritanya dan merasakan kegeraman, kengerian, kesadisan, ketakutan, kebahagiaan dan kesedihan. Ada juga campuran rasa was-was dan penasaran.

Kalo dipikir-pikir, yang bikin film ini jadi ngeri dan terkesan misterius adalah musiknya. Itu menurut temenku. Dan aku langsung sependapat. Emang, denger musiknya bikin merinding banget. Apalagi ditambah dengan adegan yang “khas” Indonesia. Dengan quote-quote terkenal macam “Darah itu merah jendera!” makin menambah suasana menjadi semakin misterius. Semisterius kontroversi kebenaran  fakta sejarah dalam  film ini.

Nb: Turut berduka untuk korban gempa Padang Pariaman yang juga terjadi pada tanggal 30 September 2009 Pukul 17 : 16 WIB. Semoga Allah mengampuni dosa kita semua…

Indramayu, 30 September 2009

All rights reserved © 2009

One comment on “September Tragedi

  1. zaman saya dulu, tiap tahun tgl segitu nonton bareng ama temen2 sekolah … juga film2 perjuangan lainnya …

    menurut saya nonton bareng tsb sangat bagus, semoga film-nya memang bagus & sesuai. sekarang belum / tak ada lagi acara nonton bareng itu …

    silahkan ke blog saya richocean =”http://richocean.wordpress.com” salah satunya tentang prediksi gempa
    atau blog saya lainnya
    “http://richmountain.wordpress.com” tentang hutan

    salam …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s