Akira: Muslim Watashi Wa

Ke Jepang??? Waah, mau bangeeet. Siapa yang gak kepengin pergi ke negeri Sakura dan Matahari Terbit itu. Sebuah negara di benua Asia yang dikenal sebagai negara maju dikarenakan keuletan dan yang pasti: gak pernah kenal ‘jam karet’. Hehe… Kalo ke Jepang mau ngapain ya? Mm.. mungkin pengen sekolah lagi, atau kerja.. atau apa ajah deh. Yang penting bisa ketemu orang Jepang! Walaah…

Kalo kisah dalam buku yang akan saya bahas ini beda lagi. Buku ini berjudul “Akira: Muslim Watashi Wa” karya penulis hebat Mbak Helvy Tiana Rosa (HTR). Dulu saya membacanya pada tahun 2000-an. Kisahnya sendiri tentang seorang pemuda asli Jepang bernama Akira. Kalo kita-kita pengen ke Jepang buwat kuliah lagi, nah kalo Akira ini mau balik lagi ke Jepang setelah kuliah di Indonesia. Hebat banget kan? Akira kuliah di Indonesia ngambil jurusan Bahasa Indonesia. Namun bukan itu yang membuat buku bergenre fiksi novel ini. Setelah menyelesaikan kuliahnya di Indonesia selain mendapat gelar seorang Sarjana, dia juga bergelar status baru yakni menjadi seorang muslim. Waah, kebayang kan. Ada orang Jepang yang tiba-tiba saja masuk Islam gara-gara intens berhubungan dengan teman-teman kuliahnya muslim di Indonesia. Akira menemukan keindahan Islam melalui persaudaraan yang indah dengan sesame muslim di Indonesia. Dan ketika cerita pun baru saja dimulai ketika ia mulai menginjakkan kakinya di negeri kelahirannya, Jepang. Tentu dengan gelar baru sebagai seorang muslim. Dan ternyata Akira harus berjuang keras untuk mewujudkan keyakinannya di tenga-tengah Chici (Ayah), Haha (ibu) dan saudara-saudaranya. Bukan hanya itu, berbagai rintangan fisik hingga jebakan pemikiran ‘aneh’ bertubi-tubi menguji Akira dan perjalanan dakwahnya. Dengan semangat dan ketinggian budi Akira akhirnya dia mampu mengatasi semuanya. Di akhir cerita dia juga berhasil mempersunting seorang wanita yang kelak menjadi istri sholehahnya dalam menggenapkan separuh agama. Sungguh kisah yang menarik. Membaca novel ini, kita serasa berada di jepang. Berbaur dengan orang-orang di sana, mengenal dunia mereka. Saya tidak tahu, apakah Mbak Helvy pernah ke Jepang atau belum, tetapi beliau mampu menampilkan cerita dengan setting/latar negara Jepang cukup detil. Pokona mah, keren euy!

Indramayu, 21 November 2009
All Rights reserved © 2009
By Ibnu Atoirahman

Iklan

One comment on “Akira: Muslim Watashi Wa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s