Oh, Siti Nurhaliza…

Siapa sih yang gak kenal sama cewek cantik dari negeri jiran (tetangga) ini? Yupp! Dialah Siti Nurhaliza, bintang terang dari timur yang menjadi salah satu penghias taman langit dengan kerlipnya semakin cemerlang. Siti Nurhaliza lahir di Berek Polis Kg. Awah, Temerloh, Pahang pada tanggal 11 Januari 1979. Ketika itu ayahnya, Tarudin bin Ismail bertugas sebagai seorang polisi di Balai Kepolisian sementara ibunya, Siti Salmah Bachik adalah seorang ibu rumah tangga biasa. Siti merupakan anak kelima dari delapan bersaudara. Mereka adalah Saiful Lizan, Saiful Bahri, Siti Nursaida, Moh. Ali, Siti Nursaerah dan Moh. Hafidz.

Pertama kali, Siti menjalani pendidikannya di Sekolah Rendah Kebangsaan Clifford, Kuala Lipis dan melanjutkan sekolah menengahnya di Sekolah Menengah Clifford, Kuala Lipis sampai tingkat lima. Kegiatan seni Siti bermula di bangku sekolah. Siti juga aktif dalam acara kebudayaan di sekolah rendah dan menengah selain aktif dalam acara sukan. Dia juga sering mengikuti Family Group, sebuah band yang dibentuk keluarganya untuk mengisi acara-acara pernikahan.

Siti pertama kali mengikuti perlombaan menyanyi ketika usianya 12 tahun dan menjadi juara dalam lomba nyanyi pada hari kebangsaan. Pada waktu itu, ia menyanyikan lagu “Bahtera Lampis”. Dari situlah dia mulai berani tampil di khalayak ramai terutama dalam acara kebudayaan dan karnaval di Kuala Lipis.

Barangkali sudah menjadi takdirnya, ketika pada tahun 1995, Siti mengikuti perlombaan Bintang Hiburan Minggu Ini atas saran dari RTM, membuka jalannya menjadi seorang artis. Walaupun cita-cita awalnya adalah seorang polisi wanita, namun rezeki yang datang tidak dapat ditolak.

Setelah berhasil menjadi Juara Bintang HMI, perusahaan rekaman Suria Record menawari Siti untuk rekaman. Ketika itu, Siti baru berusia 16 tahun, masih sekolah menengah tingkat 4. Berkat dukungan dari keluarga, guru-guru dan teman-teman sekolahnya, Siti menjalani kehidupan sebagai artis dan pelajar tanpa ada masalah. Siti Nurhaliza pertama kali dikenal di Indonesia lewat lagu “Betapa Ku Cinta Padamu”. Sampai tahun 2009 Siti telah menelurkan 15 Album Solo. Belum lagi ditambah album duet, kompilasi, tema atau album konser. Walaupun baru lima tahun (saat itu) menjalani kiprahnya sebagai artis, usaha gigihnya ternyata membuahkan hasil. Malaysia Book of Record mencatat namanya sebagai artis paling banyak memenangi berbagai anugerah di Malaysia.

Penghargaan yang diterima Siti Nurhaliza banyak banget. Lebih dari 100 penghargaan diterimanya dan diliput oleh pers internasional. Hampir setiap tahun, ia aktif dalam memproduksi album lagu barunya. Tak terhitung pula, lagu-lagu kompilasi yang dibawakan bersama artis lain atau lagu yang dibawakan dalam konser-konser live-nya. Dengan power suara yang kuat, Siti sempat dijuluki Celine Dion Asia, seorang artis internasional yang menjadi idolanya selama ini. Selain penghargaan dalam dunia tarik suara, banyak prestasi-prestasi lain yang dicapai Siti Nurhaliza diantaranya BIM awards (outstanding recognition for her contribution to the country) (2008), Penasihat Antarabangsa Seni Persembahan Universiti Limkokwing (2008), Duta Suara Universiti (2007), Duta Elegance Tiara Collection(2006), Duta Pantene SHINE (2006), Jurucakap Olay Total Effect (2006), Duta Pencegahan Dadah Agensi Anti Dadah Kebangsaan (2006), Darjah Indera Mahkota Pahang (DIMP) yang membawa gelaran Datuk (2006), Ahli Ahmad Shah Pahang (AAP), Darjah Kebesaran Ke-4 Negeri Pahang, Darjah Paduka Mahkota Perak (PMP), Duta Muhibah PBSM (ahli PBSM seumur hidup), Model Nippon Wiper Blade (NWB), Model/Jurucakap Maybelline New York, Model untuk BLEU dan PEPSI (2002), Model untuk Mitsubishi Trium, Duta “With All Our Hearts’ Charity Fund” Jusco (2002, 2003, 2004, 2005, 2006, 2007, 2008), Duta TM Net (2002), Bintang Universe of Corum (2002), The Most Successful Talent in Malaysia Music Industry, Anugerah Puteri Remaja (2002), Daripada Puteri UMNO, Johan Setia Mahkota (JSM) (2003). Prestasi yang dia capai sungguh luar biasa tidak membuat Siti lupa diri dan sombong. Ia kerap tampil sederhana, seperti moto hidupnya “Tak Hidup Dek Puji, Tak Mati Dek Keji (Hidup bukan untuk dipuja puji, Mati bukan untuk dicaci maki)”

Siti akhirnya mengakhiri masa lajangnya dengan menikah bersama Datuk  Khalid Mohamad Jiwa (mantan suami kepada Tengku Zawiyah Tengku Izham), atau dikenali sebagai Datuk K, seorang pengusaha, pada 17 Juli 2006  Meski telah bersuami, karir Siti tidak otomatis terhenti. Terbukti, berkat kerja kerasnya, Siti akhirnya memiliki banyak perusahaan sendiri diantaranya ialah Siti Nurhaliza Productions (SNP), Siti Nurhaliza Collection  Sdn. Bhd. dan Siti Nurhaliza Marketing Sdn. Bhd. Terbaru, ia telah mengembangkan lagi sayap perniagaanya dengan menambah lagi beberapa perusahaan diantaranya Siti Sound Sdn. Bhd. dan SN Mobile Digital Sdn. Bhd.

Dalam bukunya, Yudi Pramuko mencoba meneliti dengan cermat apa saja yang menjadi rahasia SIti Nurhaliza hingga menjadi sukses seperti sekarang ini. Menurut beliau setidaknya beberapa kunci sukses Siti Nurhaliza yaitu:

  1. Sistem yang mendukung
  2. Positioning yang tajam
  3. Cantik
  4. Suara emas
  5. Rendah hati
  6. Inovatif
  7. Membuka pasar baru
  8. Terbuka
  9. Tersenyum
  10. Sopan Santun

Jadi terbukti kan, kesopanan dalam berpakaian dan kesantunan dalam bertutur kata, justru membuat Siti  Nurhaliza menjadi orang sukses yang disegani. Dia tetap menjadi artis yang sederhana tetapi terhormat dan bertaraf internasional meskipun tidak mengikuti tren gaya barat yang cenderung terbuka dan bebas. Siti Nurhaliza tetaplah Siti Nurhaliza yang sama, yang memegang teguh adat ketimuran. Satu sosok yang menentang arus perubahan globalisasio dengan tidak ikut-ikutan gaya barat mampu menjadikannya sosok wajah sejuk Asia yang tak kalah dengan artis internasional lainnya. Maka tidak mengherankan jika Malaysia hanya mengenal dua sosok yang menjadi ikon mereka yakni Mahatir Muhammad dan Siti Nurhaliza. Sungguh luar biasa!

SELAMAT ULANG TAHUN, SITI NURHALIZA!

TETAPLAH MENJADI BINTANG DI LANGIT…

Diambil dari berbagai sumber

Indramayu, 11 Januari 2010
All Rights reserved © 2010

By Ibnu Atoirahman

3 comments on “Oh, Siti Nurhaliza…

  1. Salam saudaraku Ibnu..
    adakah ini kata-kata dari buku Pak Yudi atau hasil nukilan kamu…

    Sahabatmu Ang dr Malaysia..

    >>>pH: Wah senangnya bisa ketemu denganmu, sahabat! Ini tulisanku yang diambil dari berbagai sumber (wikipedia, buku pak Yudi dan lain-lain). Buku Pak Yudi Pramuko lebih banyak mengupas tentang rahasia sukses Siti Nurhaliza yang sepuluh itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s