Jum’at yang Aneh: Tanda Apakah ini?

Bagi orang Islam, hari Jum’at merupakan hari istimewa. Pasalnya banyak hal-hal yang menyebutkan kalo hari jum’at memiliki banyak keistimewaan. Rasulullah Saw sendiri menyebut kalo hari Jum’at merupakan Sayyidul Ayyam (hari yang agung) karena pada hari ini, umat muslim khususnya yang laki-laki diperintahkan untuk menunaikan shalat Jum’at. Sebuah ibadah wajib yang harus dilakukan di masjid, seminggu sekali. Betapa penting shalat jum’at sampai-sampai ada satu surat dalam Al qur’an yang dinamakan Al Jumu’ah yang salah satu ayat-nya memerintahkan kaum muslim menunaikan shalat Jum’at dan meninggalkan jual beli untuk sementara waktu. Baru setelah shalat jum’at mereka pun diperbolehkan untuk bertebaran dan kembali mencari nafkah. Ibadah jum’at ‘mirip’ dengan hari Sabbat (sabtu) yang diperintahkan Allah kepada kaum Yahudi. Hanya bedanya, kaum Yahudi banyak yang melanggar dan sebagian dari mereka dikutuk menjadi kera.

Dalam sebuah dijelaskan begitu banyak keistimewaan hari Jum’at, berikut diantaranya:

  • Allah mewajibkan shalat Jum’at kepada muslim laki-laki.
  • Allah memberikan rahmat dan ampunan-Nya kepada Nabi Adam Saw pada hari ini.

Rasulullah Saw sendiri menjelaskan keutamaan hari Jum’at dalam hadist sebagai berikut:

  • Apabila seorang muslim berdoa dan memohon suatu kebaikan kepada Allah pada hari Jum’at, maka Allah akan memberikan apa yang dia minta.
  • Apabila hamba-hamba Allah selamat pada hari Jum’at, maka selamatlah mereka pada hari-hari yang lain.
  • Sesungguhnya Allah menjadikan (hari) Jum’at sebagai hari raya mingguan bagi kaum muslimin.
  • Apabila seorang muslim meninggal dunai pada hari atau malam Jum’at, maka Allah akan memberikan pahala syahid dan menjaganya dari siksa kubur. Konon katanya, jasadnya tidak akan hancur.
  • Pada hari Jum’at, Allah memerdekakan 600.000 orang dari siksa api neraka.
  • Dan masih banyak keistimewaan lain.

Bagi orang Kristen, hari jum’at juga memiliki nilai sejarah yang penting. Peristiwa penyaliban ‘Yesus Kristus’ terjadi pada hari Jum’at. Dan kemudian mereka menyebutnya sebagai peristiwa Jum’at Agung. Lalu aku mulai membenading-bandingkannya dengan peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di akhir tahun 2009 dan sepanjang tahun 2010 ini. Mulanya aku gak ‘nyadar’ dengan apa yang terjadi. Sampai akhirnya, kuambil kalender dan memastikan apa yang telah terjadi. Peristiwa diawali dengan hari raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1430 H (27 November 2009), Tahun baru hijriyah 1431 H (18 Desember 2009), Hari Natal Kristen (25 Desember 2009), Tahun baru masehi (1 Januari 2010), Gerhana Bulan (1 Januari 2010), Gerhana Matahari cincin (15 Januari 2010).

Lebih lanjut, masih ada peringatan maulid Nabi Saw (26 Februari 2010), peringatan wafatnya ‘Yesus Kristus’ (2 April 2010), Hari Raya Waisak tahun 2554 (28 Mei 2010), Hari Raya Idul Fitri 1 Syawwal 1431 H (10 September 2010). Lalu apa menariknya dengan peristiwa-peristiwa tersebut? Menariknya, semua peristiwa penting tersebut terjadi pada hari Jum’at. Woww! Disatu sisi, aku merasa takjub. Namun disisi lain aku jadi merasa ‘ngeri’ sendiri. Aku jadi bertanya-tanya, tanda-tanda apakah ini? Apakah peristiwa-peristiwa penting yang semuanya terjadi di hari jum’at ini mengisyaratkan sesuatu? Ada yang bilang, “Ah, itu sih cuma kebetulan aja!”. Ya, benar! Kebetulan yang disengajakan. Makanya aku bilang, “Rada ngeri juga nih!”. Disamping desas desus kiamat tahun 2012 (malah ada filmnya segala loh), mungkinkah ini adalah gerbang awal. Banyak kitab yang menyebutkan kalo kiamat memang terjadi pada hari Jum’at. Entahlah. Konon katanya, 2012 tuh bukan kiamat (hanya Allah yang tahu), tetapi tahun 2012 itu adalah era baru, zaman baru. Artinya kita akan memasuki zaman baru yang benar-benar berbeda dengan zaman yang sekarang ini. Yang tidak kita ketahui adalah apakah zaman itu akan menjadi (lebih) baik ataukah justru malah menjadi (lebih) buruk dari zaman sekarang ini? Sungguh masih sangat misterius. Wallahu A’lam (Hanya Allah yang Maha Tahu).

Indramayu, 22 Januari 2010
All Rights reserved © 2010

By Ibnu Atoirahman

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s