Pidato Rasulullah Menjelang Ramadhan


Pernah suatu ketika menjelang Ramadhan tiba, Rasulullah Saw berpidato di hadapan para Sahabat. Isi pidato beliau yang bersejarah ini sebagaimana yang diceritakan oleh Sahabat beliau Salman Al Farisi sebagai berikut:

“Wahai manusia, telah datang kepada kalian bulan yang agung, bulan yang penuh berkah, dimana didalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan dimana Allah mewajibkan puasa dan menganjurkan melakukan ibadah sunnah dimalam harinya. Barangsiapa mendekatkan diri kepada Allah di bulan ini dengan mengerjakan suatu perbuatan baik atau menunaikan suatu kewajiban, maka dia sama dengan menunaikan tujuh puluh kewajiban di saat-saat lain. Bulan ini adalah bulan bersabar, barangsiapa yang bersabar, pahalanya adalah surga. Bulan ini juga bulan kebersamaan. Bulan dimana rezeki orang mu’min bertambah. Barangsiapa yang memberi buka kepada orang yang berpuasa, berarti dia melebur dosa-dosanya dan membebaskannya dari api neraka. Adapun orang yang memberi buka itu sendiri mendapatkan pahala yang sama (dengan orang yang berpuasa) tanpa kurang sedikitpun.”

Kemudian para Sahabat berkata, “Tidak semua kami mampu menyediakan buka bagi orang berpuasa”

Nabi pun bersabda, “Allah memberikan pahala ini kepada orang yang memberi buka, meskipun hanya dengan sebutir kurma, seteguk air atau sececap susu. Bulan ini adalah bulan yang awalnya merupakan rahmat, tengahnya ampunan dan akhirnya pembebasan dari api neraka. Barangsiapa meringankan beban buruhnya di bulan ini, maka Allah akan mengampuninya dan membebaskannya dari api neraka. Maka perbanyaklah di bumi ini melakukan empat hal. Dua diantaranya akan membuat Tuhan kalian ridha dan dua hal lainnya merupakan kebutuhan yang tak dapat kalian abaikan. Dan hal yang membuat Tuhan kalian ridha adalah bersyahadat bahwa tiada tuhan selain Allah dan beristighfar, memohon ampun kepada-Nya. Sedangkan dua hal lainnya yang tidak dapat kalian abaikan adalah memohon surga kepada Allah dan memohon perlindungan-Nya dari api neraka. Barangsiapa membuat kenyak seseorang yang berpuasa di bulan ini, maka Allah akan memberinya minum dari telagaku. Minuman yang tidak akan membuat kehausan selamanya.”

Indramayu, 9 Agustus 2010

Iklan

2 comments on “Pidato Rasulullah Menjelang Ramadhan

  1. assalamualaikum,wr.wb..terimakasih dg bahasanya alangkah lebih baik klo huruf arabnya di tuliskan,wassalam wr.wb

    >>>pH: Wa’alaikum salam Wr. Wb. terima kasiih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s