65 Tahun yang Lalu…


Ada yang berbeda dengan peringatan hari kemerdekaan Indonesia tahun 2010 ini. Sungguh berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hampir tidak banyak kutemui ramai-ramai lomba yang biasa mewarnai acara tujuhbelasan kali ini. Tidak ada lomba makan kerupuk. Tidak ada lomba gebuk bantal dan pukul kendi. Pun tidak kutemui juga lomba panjat pinang, ciri khas acara ini. Kok bisa gitu sih? Pasalnya, momen bersejarah yang diperingati tanggal 17 Agustus tahun 2010 ini ternyata bertepatan dengan 7 Ramadhan 1431 H. Bulan dimana sebagian besar umat Muslim menjalankan ibadah puasa.

Namun, itu semua tidak mengurangi kemeriahan peringatan ulang tahun berdirinya republik ini. Jika kita tengok, 65 tahun yang lalu, peristiwa serupa juga terjadi pada negeri ini. Hari dimana negeri ini melahirkan diri, memproklamirkan diri sebagai bangsa yang merdeka dari segala bentuk penjajahan di muka bumi. Hari itu adalah tanggal 17 Agustus 1945 yang kebetulan juga bertepatan dengan tanggal 9 Ramadhan 1364 H. Meskipun aku belum hidup di zaman itu, setidaknya aku bisa membayangkan suasana saat itu yang (mungkin) berjalan khidmat meskipun dilakukan dengan sangat sederhana.

Maka, bagi para pejuang veteran yang masih hidup dan menyaksikan momen bersejarah itu tentang merasa ada sebuah getaran luar biasa. Seperti sebuha de javu yang mengantarkan jiwa dan pikirannya melayang ke masa-masa kemerdekaan dulu. Sebuah campuran antara rasa bahagia, gembira, takut, cemas, was-was, bangga, semuanya seperti menjadi satu. Saat itu, mereka pun tengah menjalankan ibadah puasa, seperti saat ini.

Meski tanpa hura-hura pesta tahun ini, inilah saat yang tepat untuk kita merenungi perjalanan bangsa ini. Mumpung bulan Ramadhan (yang konon katanya semua doa akan dikabulkan-Nya), kita harus banyak berdoa untuk negeri ini, semoga jadi lebih baik. Semoga Indonesia jadi negeri madani yang memperoleh ampunan Tuhannya. Amiin.

Yuk, mengheningkan cipta! DIRGAHAYU INDONESIA-ku…

Indramayu, 17 Agustus 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s