Arti Sebuah Keberkahan Hidup

Begitu banyak pertanyaan yang menggelayuti pikiranku. Apakah aku akan ditakdirkan jadi orang baik untuk semua? Apakah aku mampu memberi nafkah untuk kedua orang tuaku? Apakah aku bisa menikah dengan wanita yng baik? Apakah aku bisa punya pekerjaan baik yang menyenangkan? Apakah bisa memberi nafkah pada anak istriku kelak? Apakah aku mampu menjadi dewasa dalam banyak hal? Apakah aku bisa menjadi muslim yang kaffah? Apakah aku bisa memperoleh kehidupan yang baik? Apakah aku akan bahagia dunia akhirat bersama dengan keluargaku? Apakah aku bisa sukses? Rasanya begitu banyak “apakah” yang belum dapat kutemui jawabnya. Setidaknya untuk saat ini. Namun satu hal yang begitu aku inginkan dalam hidup ini adalah: “Aku hanya ingin keberkahan hidup.” Itu telah mencakup segalanya.

 

Keberkahan hidup itu mencakup semua hal. Mencakup bagian integral dari kehidupan itu sendiri. Keberkahan umur artinya umur yang  dimiliki dalam kehidupan begitu bermakna. Tidak sia-sia rasanya dihidupkan Allah di dunia ini. Keberkahan ilmu artinya ilmu yang ia miliki benar-benar bermanfaat, bukan hanya untuk dirinya tetapi untuk orang lain. Keberkahan rizki artinya harta yang dimiliki tidak membelenggunya pada lembah kebakhilan dan kekikiran, tetapi justru mengantarnya pada puncak kedermawanan. Keberkahan iman islam artinya merasa indah berada dalam ketaatan dan kepatuhan kepada Allah. Keberkahan amal artinya amal yang ia kerjakan semata-mata untuk mencari keridloan Allah, bukan untuk mendapat pujian orang lain. Berkah tidak selalu banyak dalam hal jumlah, tapi mengacu pada aspek kualitas. Meskipun sedikit secara kuantitatif, tetapi benar-benar berguna, bermanfaat dan bermakna dalam kehidupan yang sedang kita jalani ini. Itulah makna dari sebuah keberkahan hidup.

 

Semoga Allah membuka jalan bagiku untuk menemukan arti sebuah keberkahan hidup bersama orang-orang yang kucinta dalam sebuah doa tulus penuh pengharapan di akhir Ramadhan tahun ini…

 

 

Indramayu, 9 September 2010

All rights reserved © 2010

By Ibnu Atoirahman

Tinggalkan Balasan

