Unta, Hewan yang Menakjubkan!

Unta adalah salah satu hewan yang disebutkan dalam Al Qur’an, diantaranya dalam surat Al Hajj : 36

“Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebahagian dari syi’ar Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Kemudian apabila telah roboh (mati), maka makanlah sebahagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Demikianlah Kami telah menundukkan unta-unta itu kepada kamu, mudah-mudahan kamu bersyukur.”

Selain itu, Allah juga bertanya pada manusia untuk memperhatikan hewan ini seperti dalam firman-NyasuratAl Ghaasyiyah : 17. “Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan, “

Lalu, apa sih istimewanya unta sampai-sampai Allah Swt memerintahkan manusia untuk memperhatikan penciptaan hewan yang memiliki punuk ini? Ternyata, penelitian ilmiah modern menemukan banyak keisitimewaan pada hewan unta loh. Seperti dikutip Aji Saputra dalam buku “100 orang ber-IQ super tinggi plus ragam fakta unik di sekitar kita untuk tambahan suplemen otak.”

Ternyata, unta dapat bertahan hidup hingga delapan hari pada suhu 50°C tanpa makan atau minum. Ia mampu berjalan dalam jangka waktu lama untuk menemukan sumber air yang kemudian disimpan dalam punuknya.

Unta mampu meminum air sebanyak sekitar 130 liter air dalam sepuluh menit sekali minum. Selain berisi air, punuk unta juga digunakan untuk menyimpan sekitar 40 kg lemak. Hal inilah yang menjadi cadangan makanan dan minuman unta selama berjalan di gurun pasir tanpa makan dan minum.

Hambatan utama dalam perjalanan di gurun pasir adalah badai pasir. Angin gurun yang muncul tiba-tiba biasanya menjadi pertanda akan datangnya badai pasir. Butiran pasir dapat menyesakkan nafas dan membutakan mata. Unta memiliki sistem perlindungan khusus pada matanya. Kelopak mata unta melindungi matanya dari debu dan butiran pasir. Namun kelopak mata ini juga transparan atau tembus cahaya, sehingga unta tetap bisa melihat meskipun dengan mata tertutup. Bulu matanya yang panjang dan tebal, khusus diciptakan untuk mencegah masuknya debu ke dalam mata. Tidak hanya itu, hidung unta pun diciptakan dengan istimewa. Ketika badai pasir datang, ia menutup hidungnya dengan penutup khusus.

Subhanallah, aku hanya bisa bertasbih dan berdecak kagum.  Benarlah firman Allah di atas (Surat Al Ghasiyah : 17) yang memerintahkan kita untuk memperhatikan penciptaan unta yang luar biasa ini.

Dalam suatu riwayat dikemukakan bahwa ketika Allah melukiskan ciri-ciri surga, kaum-kaum yang sesat merasa heran. Maka Allah menurunkan ayat ini (S.88:17) sebagai perintah untuk memikirkan keluhuran dan keajaiban ciptaan Allah, sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dan Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari Qotadah. Wallahu A’lam Bishshowab.

Indramayu, 19 Mei 2011

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s