Sekilas Syawwal

Syawal artinya ‘mengangkat’ atau “meningkat”. Menurut sebagian riwayat, dimungkinkan pada saat itu, di Jazirah Arab sedang masanya musim unta kawin. Namun belakangan, kata ‘mengangkat’ menjadi lebih filosofis maknanya. Setelah membakar diri dengan berbagai ibadah yang kita lakukan di bulan Ramadhan, maka setelah itu, Allah akan mengangkat derajat kita ke jenjang yang lebih tinggi. Derajat yang tertinggi tentu saja, muttaqien (orang yang bertaqwa) sebagaimana tersurat dalam surat  Al Hujurat : 49 dan puasa menjadi salah satu jalan untuk mencapai tujuan itu (Al Baqoroh : 183). Sejatinya, selepas Ramadhan, ibadah kita tidak otomatis menurun drastis atau berhenti seketika. Tetapi, justru bulan Syawal inilah menjadi awal pembuktian diri menghadapi sebelas bulan berikutnya setelah ditempa selama sebulan penuh di majelis Ramadhan.

Dari Jabir RA, bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Jika malam Ramadhan berakhir, seluruh makhluk-makhluk besar, di segenap langit dan bumi, beserta malaikat ikut menangis. Mereka bersedih karena bencana yang menimpa umat Muhammad Saw. Para Sahabat bertanya, “Bencana apakah, ya Rasul?”. Jawab Nabi, “Kepergian bulan Ramadhan. Sebab di dalam bulan Ramadhan segala doa terkabulkan. Semua sedekah diterima. Dan amalan-amalan baik dilipatgandakan pahalanya, penyiksaan sementara dihapuskan.”

Berikut beberapa keutamaan bulan Syawal:

  1. Syawal adalah bulan kembali ke fitrah setelah ‘berperang’ sebulan penuh di bulan Ramadhan, tentunya.
  2. Ada puasa enam hari di bulan Syawal. “Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan lalu diiringi dengan puasa enam hari di bulan Syawal, berarti ia telah berpuasa setahun penuh” (HR. Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah).
  3. Syawal, bulan yang baik untuk menikah.  Dalam hadist diketahui bahwa Rasulullah Saw menikahi Siti Aisyah dan Ummu Salamah pada bulan Syawal.
  4. Syawal adalah bulan peningkatan dengan berharap hari ini lebih baik dari kemarin, dan hari esok lebih baik dari hari ini.

Indramayu, 1 September 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s