Dan Malaikat pun Bertasbih

Suatu hari, aku membaca terjemahan kitab Qotrul Ghoist, sebuah kitab kecil berisi syarah (komentar) Syaikh Imam Nawawi Al Bantani terhadap masalah aqidah dan keimanan yang dikemukakan oleh Imam Abu Laits. Sampailah diriku pada sebuah bahasan menarik tentang malaikat. Ternyata benar, malaikat itu banyak jumlahnya dan beragam jenisnya. Selain sepuluh jenis malaikat yang wajib kita ketahui oleh umat muslim (udah pada hafal, bukan?), tak ada salahnya kita mengenal jenis-jenis malaikat lain, seperti yang dijelaskan dalam kitab ini.

  • MALAIKAT HAMMATUL ‘ARSYI. Yaitu para malaikat pemikul ‘Arsy. Merekalah para malaikat dengan tingkatan tertinggi dan pertama kali diciptakan. Di dunia jumlahnya ada empat dan di akhirat nanti jumlahnya ada delapan. Bentuknya seperti kambing, antara telapak kaki sampai lututnya saja baru dapat ditempuh tujuh puluh tahun perjalanan bagai burung yang cepat terbangnya. Wallahu A’lam.
  • MALAIKAT HAAFUN. Yaitu para malaikat yang mengelilingi ‘Arsy. Wahab bin Munabbih menyebutkan bahwa di sekitar ‘Arsy ada 70.000 barisan malaikat. Satu baris di belakang barisan itu berhadap-hadapan. Mereka sama membaca tahlil dan yang lain membaca takbir. Di belakang 70.000 barisan malaikat itu terdapat 70.000 lagi barisan malaikat yang sama berdiri, tangannya dikalungkan pada lehernya dan diletakkan pada pundak-pundak mereka. Di belakang 70.000 barisan malaikat yang berdiri, ada 100.000 barisan malaikat lagi, mereka meletakkan tangan kanannya pada tangan kirinya dengan membaca tasbih. Antara satu sayap jaraknya 800 tahun perjalanan. Antara daun telinga dan pundaknya jaraknya 400 tahun perjalanan. Allah Swt membuat tabir (batas) antara para malaikat  yang berada di kanan kiri ‘Arsy itu dengan 70 tabir dari cahaya, 70 tabir dari gelap, 70 tabir dari intan putih, 70 tabir dari air, 70 tabir dari kesejukan, yang hanya diketahui oleh Allah. Subhanallah.
  • MALAIKAT RUHANIYUN. Yaitu malaikat bangsa ruhani. Mereka berada di bumi putih seperti marmer, luasnya seluas perjalanan matahari 40 hari, panjangnya tidak ada yang tahu kecuali Allah. Suara mereka sangat ramai dengan bacaan tasbih dan tahlil. Andaikan suara mereka dibuka dan diperdengarkan pada penduduk bumi, maka maka manusia dan isinya akan hancur karena mendengar begitu kerasnya suara itu. Pangkal barisan malaikat ruhani adalah hingga sampai pada para malaikat pemikul ‘Arsy. Subhanallah.
  • MALAIKAT KARABIYYUN. Yaitu ketua-ketua/pemimpin para malaikat yang berada di sekitar ‘Arsy.
  • MALAIKAT SAFARAH. Yaitu malaikat yang menjadi penghubung antara Allah dengan Nabi dan orang-orang shaleh. Mereka ada empat yaitu: Jibril yang turun kepada Nabi, Mikail yang mengatur hujan, Israfil yang bertugas meniup sangkakala pada hari kiamat dan Izrail yang mencabut nyawa.
  • MALAIKAT HAFADHAH. Yaitu malaikat yang menjaga manusia. Seperti dijelaskan oleh Rasulullah Saw ketika ditanya oleh Utsman bin Affan RA, jumlah mereka ada dua puluh malaikat. Mereka terdiri dari: malaikat yang mencatat kebaikan di sebelah kanan (Raqib) dan mencatat keburukan di sebelah kiri (‘Atid);  dua malaikat di muka dan belakang; satu malaikat yang menguasai ubun-ubun; dua malaikat yang menjaga bibir; satu malaikat yang menjaga mulut ; dan dua malaikat yang menjaga mata. Semuanya berjumlah sepuluh malaikat setiap manusia. Kemudian para malaikat yang bertugas malam hari turun menggantikan malaikat yang bertugas siang hari dengan jumlah yang sama. Jadi jumlah mereka keseluruhan ada dua puluh malaikat. Subhanallah.
  • MALAIKAT KATABAH. Yaitu para malaikat yang menulis ketetapan-ketetapan di Lauh Mahfudz.

Paramalaikat tidak bersifat laki-laki atau perempuan. Maka jika ada yang beri’tiqad bahwa malaikat itu perempuan atau banci, dia adalah kafir berdasarkan kesepakatan ulama. Siapa yang beri’tiqad malaikat itu laki-laki, berarti dia fasik. Malaikat tidak memiliki syahwat dan nafsu, tidak berbapak dan tidak beribu, terbuat dari cahaya, dapat bertasyakkul (berubah-ubah bentuknya), tidak makan dan tidak tidur. Merekalah makhluk mulia yang selalu bertasbih siang-malam tanpa henti (QS. Al Anbiyaa : 20) dan selalu patuh pada perintah-Nya (QS. An Nahl : 50). Wallahu A’lam Bishshawab.

in the rama you, 15-12-2011

3 comments on “Dan Malaikat pun Bertasbih

  1. Asalamualaikum warohmatullohi wabarokatu
    Kalau di perbolehkan tuan tuliskan nama nama malaikat secara rinci satu satu dengan tugas masing masing.

  2. Darimana tahu itu benar….masya alloh…harus ada yang menyaksikan kebenarannya, baru percaya…

    >>>pH: Percaya atau imam, kadang tak selalu harus melihat dan menyaksikan secara langsung🙂 Sumber bacaan : kitab salaf Qotrul Ghoist karya Imam Nawawi Al Bantani. Wallahu A’lam.

  3. tauhid adalah pondasi keimanan,, terimakasih atas ilmunya moga kau diangkat derajat oleh Alloh swt beberapa derajat.

    >>>pH: Aamiin. Barakallahu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s