Ziarah ke Pusara Rindu

pusaraSemalam kau mendatangiku, bersantai sejenak di bale-bale kayu. Aku terpekik menahan gembira. Entah mengapa aku selalu bahagia setiap kali kau datang. Mungkin ini rindu. Dan, aku sungguh lupa kapan kali terakhir kau mengunjungiku. Maka langsung saja kucium tanganmu haru seraya memohon selarik doa atas segala yang menimpaku.

Ternyata, kau masih sama seperti dulu. Ada senyum yang mendamaikan di balik teduh wajahmu. Mungkinkah kau sengaja hadir untuk menguatkanku bahwa aku harus tetap ada? Entahlah. Lalu, tiba-tiba saja hari menjadi pagi saat wajahmu pergi.

Dan, ketika matahari mulai tergelincir, segera saja kugegaskan langkahku, kulajukan sepeda motorku menujumu. Hari ini, aku mengunjungimu di antara rerimbunan pepohonan dibaluri aroma sunyi. Perlahan, mulai kularungkan kalimat-kalimat suci untukmu. Diselingi hembus angin perlahan, tasbih burung-burung dan dzikir tetumbuhan di samping persinggahanmu. Pada sesosok raga yang terbaring tak kasat mata. Pada sebujur tubuh yang terbenam di bawah tanah tepat di hadapanku. Lihatlah, aku datang kepadamu, berbagi resah di antara gunungan gelisahku.

“Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afiihi wa’fu ‘anhu.”

“Tuhan, ampuni dosa-dosanya, luaskan kuburnya, terimalah amalnya, berilah rahmat-Mu kepadanya, kepada istri dan anak cucu keturunannya.”

Hanya Tuhan yang tahu betapa aku merindukan wajah teduh itu seperti dulu. Wajah yang membuatku merasa damai dan sejenak meluruhkan waktu seraya berujar, “Tuhan, bantulah. Aku harus (tetap) ada untuk sempurna menjadi manusia (yang berguna)!”

*catatan singkat (casing) setelah berkunjung ke pusara kakek

in the rama you (pondokhati), 031212

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s