SMART for Success

successDalam sebuah acara di televisi, secara tak sengaja saya mendengar sebuah kata-kata menarik yang diungkapkan Deddy Corbuzier. Kata-kata itu ternyata menjadi kata-kata penutup acara talkshow Hitam Putih hari itu. Deddy mengatakan, kunci mencapai kesuksesan adalah SMART. Selain berarti cerdas/pintar, “smart” yang satu ini ternyata merupakan sebuah akronim. S.M.A.R.T berarti :

S = Specific. Artinya spesifik. Untuk sukses, kita harus spesifik, apa mau kita. ini menunjukkan arah dan tujuan yang ingin dicapai. Ungkapan, “Saya pengin jadi orang kaya!” itu mungkin terlalu umum. Cari yang lebih spesifik, misalnya “Saya ingin jadi penulis” (kalo ini sih salah satu contoh impian saya, hehe…) atau cari yang lebih spesifik dari itu.

M = Measurable artinya terukur. Mampu tidak kita untuk mencapainya. Apakah kita punya alat-alat untuk mencapai tujuan kita menjadi seorang penulis, misalnya hobi baca buku, suka menulis banyak hal sekalipun dalam buku harian, suka memperhatikan sekitar kita, atau apapun itu.

A = Achievable artinya dapat dicapai. Semakin mudah atau sederhana suatu keinginan tentu akan semakin besar peluangnya untuk tercapai. Tetapi jangan berhenti pada hal-hal yang kecil. Teruslah untuk bermimpi sepanjang kita merasa mampu untuk mencapainya.

R = Realistic artinya realistik. Impian kesuksesan kita selain terukur tentu harus realistik untuk kita capai. Boleh punya impian selangit dan terkesan tidak mungkin, tetapi impian-impian yang lebih realistik tentu akan lebih cepat tercapai. Sekali lagi, boleh kita untuk memiliki impian yang tinggi, sepanjang kita masih mempunyai semangat tinggi untuk mencapainya.

T = Time artinya jangka waktu. Ini penting. Kita pengin sukses, tapi tak tahu kapan terjadi? Dengan memberikan jangka waktu, kita seperti terpacu untuk bisa mencapainya dengan sekuat tenaga. Misalnya, 1 tahun dari sekarang saya harus punya minimal satu buku. Ini tentu lebih membuat kita terpacu untuk segera mencapai target. Memang sih, semua perlu proses dan waktu akan menjawab semua tanya kita tentang arti kesuksesan.

Aha. Penjelasan Dedy ini bikin saya angguk-angguk geleng-geleng. Bagi saya ini sebuah pengetahuan baru yang bisa kita coba untuk terapkan. Apapun mimpi kita, apapun keinginan kita. Banyak yang harus saya benahi terutama soal “time” atau “target jangka waktu”, dan musuh bebuyutan bernama “kemalasan”. Saya mulai menata hati, niat dan semangat. Saya pun mulai belajar untuk menulis ulang resolusi saya tahun ini dengan metode smart. Bagaimana menurut anda? Semoga bermanfaat.

In the rama you, 060113 (rewrite)

2 comments on “SMART for Success

  1. Setiap manusia pasti mendambakan kesuksesan. Seorang muslim hendaknya mengutamakan akhiratnya dibanding dunianya. Ayuk semangat belajar Islam lebih dalam

    >>>pH: Hayuuu, mbak Qonita! *smanggatt!

Tinggalkan Balasan

