Keajaiban Menangis

menangisAnda pernah menangis? Pernah, sering atau justru tidak pernah? Menangis karena apa? Karena sakit, luka, terjatuh, marah, benci, kesal atau apa? Beruntunglah orang yang pernah menangis, apalagi dia menangis karena Allah. Berbagai penelitian membuktikan bahwa menangis memiliki beberapa keutamaan. Dr. Ahmad Hatta, MA dalam bukunya Teladan Muhammad, merangkum tentang keajaiban menangis dan berair mata, diantaranya:

  1. Membantu penglihatan mata. Air mata membantu penglihatan seseorang, jadi bukan hanya mata itu sendiri. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.
  2. Membunuh bakteri. Tak perlu obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai antibakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan disebut lisozom yang dapat membunuh sekitar 90-95% bakteri yang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga/pintu, ketika bersin dan tempat lain yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit.
  3. Meningkatkan mood. Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi karena dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24% protein albumin yang berguna dalam mengatur sistem metabolisme tubuh disbanding air mata yang dihasilkan karena iritasi mata.
  4. Mengeluarkan racun. Seorang ahli biokimia, William Frey, telah melakukan penelitian dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Namun, jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat mata.
  5. Mengurangi stress. Air mata ternyata juga mengeluarkan hormon stress yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine enkaphalin dan prolactin. Selain menurunkan level stress, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan stress seperti tekanan darah tinggi.

Menangis yang bukan karena Allah dinilai sebagai sebuah kelemahan. Tetapi menangis karena Allah, mengharap rahmat-Nya, dijauhi dari murka-Nya adalah tanda keimanan. Masih susah menangis? Mulai sekarang menangislah karena anda tidak bisa menangis.[]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s