Bukan Dongeng Biasa

14192677_10206878125853338_4466346899091291146_nSemenjak menikah dan akhirnya memiliki buah hati, kesempatan saya untuk membaca buku seakan terjun bebas ke titik nadir. Buku bacaan tidak pernah sampai tuntas saya baca. Padahal buku adalah cinta pertama saya mengenal dunia. Hehe.

Kesibukan saya mengajar, mengurusi haji, pesantren dan tentu saja bergelut dengan keluarga tercinta memaksa saya mengorbankan waktu luang saya untuk membaca. Rasanya sedih luar biasa. Akibatnya, gairah saya untuk menulis pun menurun drastis. Bukan tidak ingin, tetapi kesempatan yang terbatas membuat saya harus pintar-pintar membagi waktu untuk semua kesibukan itu.

Tetapi untungnya, taman bacaan yang saya kelola tetap berjalan dengan baik dan sudah bisa mandiri meski saya tidak selalu di tempat. Ada saja yang datang ke pondokhati untuk meminjam buku-buku bacaan, terutama anak-anak remaja usia SMP dan SMA. Alhamdulillah, untuk itu saya bersyukur.

Syukur saya kian bertambah ketika pada suatu hari yang cerah, di meja pondokhati saya temukan sebuah paket manis berbungkus coklat. Paket itu sebenarnya untuk anak saya, Hika. Ketika saya buka isinya, hati saya makin ceria. Sebuah buku dengan cover full color bergambar binatang berjudul “Kereen…!!! Dongeng Seru dan Fakta Unik Binatang.” Masih ditambah kata-kata: Kisah Pembentuk Kepribadian. Hika langsung jingkrak-jingkrak gembira. Apalagi anak saya memang suka binatang. Setiap melihat gambar binatang seperti gajah, kuda, kucing dan bebek, Hika langsung menjerit kegirangan. Momen ini tak saya sia-siakan untuk mengabadikan foto Hika dengan buku barunya. Jepret!

Karena Hika belum bisa membaca, ayahnya dulu lah yang membaca. Hehe. Nanti anne-nya (baca : ibunya), saya suruh membacakan dongeng ini kepada Hika. Di sela-sela rutinitas keseharian, kali inisaya paksakan untuk menuntaskan buku baru kiriman sahabat saya nun jauh di sana, Mbak Shabrina WS. Harus! *dengan semangat 45.

Taraa. Ternyata, ada empat belas dongeng tentang binatang tersaji dengan apik di buku ini. Ada kisah Jing, si Orang Utan yang akhirnya pulang kampung ke hutan. Si Ran, tikus pengerat yang mendapat pelajaran berharga akibat giginya yang memanjang gara-gara malas bekerja. Ada Pak beruang yang punya taman bacaan (ehhm… kayak saya nih) dan meminjamkan buku-bukunya untuk seluruh penghuni hutan. Kita juga bisa mengambil pelajaran dari kisah katak dalam tempurung. Ada Si Jagad, gajah yang jadi pembantu manusia mengusir gajah liar. Si Cruin, kisah si katak merah di balik air terjun yang ketakutan ketika didatangi manusia. Ada juga kisah sapu Bu Kelinci yang patah, penyesalan Mosi si tikus yang tidak menurut perintah ibunya. Lalu, ada kisah sedih tentang si Macaca, topeng monyet yang melarikan diri. Di seberang sungai kita bisa membaca kisah Kuda nil yang membantu kelinci menyeberang sungai. Nasa si bekantan yang terpaksa pindah rumah karena lahannya kini beralih fungsi menjadi perkebunan kelapa sawit. Ada kisah serangga-serangka unik yang berklamufase (mimikri) ketika bermain petak umpet. Dan terakhir, Si kakek Ranca, komodo yang sering bercerita.

Mbak brin berhasil membuat saya terhanyut dalam kisah-kisah penuh hikmah dongeng tentang binatang. Buku ini kereeeen, sesuai namanya. Selain kisah yang menarik, di akhir dongeng diselipi pesan moral yang baik. Yang lebih keren lagi, di setiap kisah disajikan fakta-fakta unik tentang binatang sebagai tambahan pengetahuan. Bagi saya, buku ini baguuuus pake banget. Cocok untuk membentuk kepribadian anak-anak menjadi lebih baik. Eitts, masih ada bonus pula. Ada animal paper toys yang lucu buat anak-anak. Pokoke, buku ini memang kereeen. Recommended banget buat teman-teman yang punya anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang. Selamat membaca!

Indramayu, 19 Agustus 2016

By pondokhati Posted in BUKU

Tinggalkan Balasan

