Ebook Gratis tentang Santri

Gambar diambil dari internet

Gambar cover diambil dari internet

Di pondok pesantren kami, ada kelas menulis. Saya sengaja berbagi pengalaman dengan para santri agar mulai menulis tentang apa saja. Saya beri motivasi bahwa menulis adalah tradisi para intelektual, kyai, imam-imam madzhab, para mujaddid, dll. Dengan menulis, seseorang akan kekal dari kematian. Sebagai contoh, Imam Ghazali adalah penulis produktif dengan karya kitab yang banyak. Karyanya yang terkenal adalah Ihya Ulumuddin yang menjadi masterpiece pembelajaran tingkat tinggi di pesantren-pesantren. Imam Syafi’i juga sama. Karyanya seperti Al Umm dan Ar Risalah juga banyak digunakan di pesantren. Meski jasad mereka telah berkalang tanah (allahu yarham), tetapi nama mereka tetap hidup. Motivasi seperti inilah yang saya bagikan kepada teman-teman santri. Menulis diary adalah salah satu upaya mengasah kreatifitas mereka dalam menulis.

Hingga suatu hari, saya punya rencana untuk menerbitkan sebuah buku dalam rangka menyambut HARI SANTRI NASIONAL. Setiap santri saya paksa untuk menulis sebuah karya. Apakah itu artikel, kisah pribadi, puisi atau apapun yang mereka sukai. Saya beri motivasi bahwa inilah saatnya kita menorehkan prestasi, mengukir nama kita dalam sebuah peradaban bernama literasi. Semoga bernilai ibadah.

Saya mulai bekerja. Menagih mereka tulisan setiap kali bertemu, mengedit tulisan mereka ketika sudah setor, membuat layout buku, dll. Cukup melelahkan, tetapi saya menikmati setiap proses pembuatan buku ini.

Dan akhirnya, hari ini, tepat tanggal 22 Oktober 2016, bertepatan dengan hari santri nasional, buku kami terbit. Meski dalam bentuk ebook, kami cukup puas. Ebook ini terbit hasil kerjasama INSAN TAQWA (Ikatan Santri Tahfidzul Qur’an Istimewabekerja sama Taman Bacaan PONDOK HATI, sebuah taman bacaan di Indramayu yang saya kelola selama ini. Mungkin suatu saat nanti, kami juga akan menerbitkan buku ini dalam bentuk fisik.

Mengapa kami memilih ebook? Karena buku ini bisa didownload GRATIS oleh siapa saja. Anggap saja ini sedekah kami untuk dunia literasi. Perangkat HP sekarang (terutama berbasis android) bisa membaca format pdf ebook ini, sehingga bisa dibaca kapan dan di mana saja. Terakhir, penggunaan ebook ini mengurangi penggunaan kertas.

Kami sadar, karya ini masih sangat sederhana dan jauh dari sempurna. Maka saran dan kritik dan temans dapat membantu kami menyempurnakan ebook ini di kemudian hari. Kami juga menunggu kesan pesan temans setelah membaca ebook ini di laman FB kami, PONDOK HATI Reading Park/Taman Bacaan.

Judul buku : SANTRI, Sebuah Pesan dari Hati
Penulis : Ibnu Atoirahman, dkk (INSAN TAQWA)
Format : pdf
Tebal : 104 halaman

Bagi yang berminat membaca ebook gratis ini, silakan tulis EMAIL anda di kolom komentar. Insya allah akan kami kirim via email. Terima kasih, semoga terinspirasi.

Salam literasi,
Ibnu Atoirahman

Iklan
By pondokhati Posted in BUKU

20 comments on “Ebook Gratis tentang Santri

  1. saya tertarik dengan judul buku panjenengan, terima kasih jika bisa berbagi.

    >>>pH: terima kasih. mohon menunggu yaa 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s