(4) Buletin Syi@R Islam

Alhamdulillah Telah Terbit!

 

Semenjak dulu, aku memang bercita-cita membuat sebuah buletin jum’at yang sedikit berbeda. Berangkat dari keprihatinan pergaulan remaja saat ini, maka aku berinisiatif membuat sebuah buletin yang bisa dibaca para remaja dan para pemuda beranjak dewasa. Isinya pun bukanlah hal-hal yang rumit namun tetap islami, disampaikan dengan bahasa yang cukup meremaja, namun para orang tua pun bisa juga untuk menikmatinya.

 

Jadilah Buletin Syi@R ISLAM pun lahir. Sebenarnya, ‘kelahiran’  buletin ini sudah lama, sekitar tahun 2004 lalu, sewaktu aku masih ada di Bogor. Dulu, formatnya adalah kertas HVS custom size (33 cm). Isinya pun macam-macam, disajikan dengan gaya yang santai tetapi tetap menyampaikan pesan dakwah secara islami (sesuai namanya). Hanya saja, waktu itu aku masih belum serius menjalankannya. Selain kendala dana (aku menerbitkannya menggunakan dana sendiri) dan kesibukan lain, baru sempat beredar beberapa edisi saja di masjid-masjid Bogor yang kusinggahi untuk shalat Jum’at, setelah itu hilang entah kemana.

 

Ketika aku kembali ke Indramayu tahun 2005, keinginan untuk melanjutkan buletin itu muncul kembali. Maka mulailah aku menerbitkannya kembali. Formatnya masih tetap sama seperti dulu. Namun lagi-lagi karena kendala biaya dan sumber daya, akhirnya buletin itu pun antara hidup dan mati sampai tahun 2008. Mulai tahun 2007, buletin ini terbit dengan format yang lebih kecil (HVS 33cm dibagi dua), namun isinya masih tetap sama.  Hanya terbit beberapa edisi dan selalu terlihat ‘aktif’ hanya pada bulan Ramadhan atau bulan-bulan tertentu saja. Hingga akhirnya, buletin ini pun mati suri, entah sampai kapan.

 

Bulan November 2008, aku membuka akun blog di wordpress. Semenjak itu, aku mulai aktif menulis di blog. Gara-gara blog, gairah menulisku kembali bangkit. Beberapa jenis tulisan berhasil aku buat, walaupun jumlahnya masih belum terlalu banyak. Selain itu, tahun 2009 aku mulai ikutan facebook. Tahun 2010 ini, aku mulai ikut menjadi teman facebook dengan beberapa penulis-penulis hebat yang karyanya hanya bisa kubaca tanpa bisa melihat orangnya secara langsung. Dari mereka, aku banyak belajar. Dari mereka, aku jadi tahu banyak hal. Maka semangatku kembali berkobar untuk menghidupkan kembali buletin Syi@R ISLAM yang telah lama mati suri (He..he kasian ya!). Aku jadi tahu, ternyata penulis terkenal Kang O. Solihin juga membuat buletin remaja GAULISLAM juga dengan dana pribadi. Wah, persis nih. Hanya bedanya, Kang O. Solihin tetap eksis dan buletin-nya udah beredar kemana-mana. Tekadku semakin kuat ketika membaca status Mas Gol A Gong (pendiri Rumah Dunia): “sesuatu yang biasa jika dikerjakan dengan profesional akan menjadi sesuatu yang luar biasa!”. Gara-gara kata-kata ini,  aku begitu termotivasi. Subhanallah…

 

Maka tekadku kembali menyala untuk menghidupkan kembali buletin yang telah lama mati suri ini. Dengan format yang masih tetap sama dengan tahun 2007, buletin ini aku isi dengan dua judul tulisan. Tulisan utama yang membahas tema-tema tertentu dan satu tulisan lagi tentang resensi singkat buku-buku yang bisa dipinjam gratis di PONDOK HATI Reading park/Taman Bacaan di Indramayu. Jika masih ada ruang, aku juga mengisinya dengan selingan humor santri. Judul bagian atas buletin ini pun telah aku ganti dengan wajah baru, mengusung motto ‘Menggoreskan Pena, Menggugah Dunia”. Dan setelah semua persiapan selesai, akhirnya dengan izin Allah, buletin ini pun terbit juga pada Jum’at 21 Mei 2010 melanjutkan edisi terdahulu yang sempat berhenti di tengah jalan. Meski dengan dana seadanya (semuanya masih swadaya pribadi), aku perbanyak buletin ini dengan jasa fotocopy (sebanyak 55 lembar, jadinya 110 eksemplar) dan mengedarkannya pada mesjid-mesjid terdekat di wilayah Karangampel. Berikut nama-nama mesjid yang bisa menikmati buletin ini:

  1. Mesjid NURUL HUDA, Mundu
  2. Mesjid AL IKHLAS, Dukuh Jeruk
  3. Mesjid SHIROTHOL MUSTAQIEM, Dukuh Tengah
  4. Mesjid MUJAHIDIN, Karangampel
  5. Mesjid DARUSSALAM, Karangampel Kidul

 

Alhamdulillah, buletin ini terbit rutin setiap jum’at. Semoga bisa tetap bertahan dan bisa memperluas jangkauan ke mesjid-mesjid lain. Doakan ya. Terima kasih untuk Kang O. Solihin dan Mas Gol A Gong atas semangat dan inspirasinya tiada henti. Juga penulis-penulis hebat lainnya di akun Facebook. Terima kasih juga kepada donatur yang memberi dana (ada juga yang sempat memberi dana loh) dan relawan pendistribusian (ditunggu loh), untuk kelangsungan buletin ini. Terima kasih juga untuk pembaca semuanya. Semoga semua yang kita lakukan ini berkah dan bermanfaat untuk kehidupan. Amiin….

 

Kendala-kendala  yang kami dihadapi:

  1. Kami kekurangan donatur untuk memperluas jangkauan buletin ke mesjid-mesjid lain. Sejauh ini, dana yang dikeluarkan berasal dari uang pribadi. Aku anggap semua itu adalah shodaqoh (katanya shodaqoh akan dibalas sepuluh kali lipat). Alhamdulillah, setiap uang yang kukeluarkan untuk membiayai penerbitan buletin ini cepat diganti oleh Allah berkali lipat jumlahnya. Aku bisa membuktikan bahwa shodaqoh yang tidak besar ini ternyata memberikan keberkahan keuangan bagi kami. Terbukti dari penerbitan buletin yang sampai saat ini masih tetap berjalan (sudah masuk ke Edisi 10). Bagi anda yang ingin berpartisipasi untuk kelangsungan buletin ini, kami sangat berterima kasih. Hanya dengan Rp. 5000,- anda bisa menyumbang penerbitan buletin ini sebanyak 35 eksemplar. Rencana ke depan, kami ingin buletin ini diperbanyak melalui percetakan, bukan difotocopy. Mohon doanya, ya.
  2. Kami kekurangan relawan untuk mendistribusikan buletin. Alhamdulillah, sebelumnya hanya diriku yang bekerja dalam ‘proyek ibadah’ ini, sekarang aku dibantu oleh Muhammad Nur Khozin, Asep Saefullah, Wargi menjalankan buletin ini. Rencana ke depan, jika dana telah mencukupi, oplah buletin ini akan aku tambah dengan menyebarkankannya pada mesjid-mesjid lain. Tentu saja perlu relawan yang siap tidak dibayar untuk hal ini. Maka jika ada yang berkeinginan untuk menjadi relawan yang mendistribusikan buletin ini, kami juga sangat berterima kasih. Ditunggu, loh.
  3. Jika anda jauh dari jangkauan kami (kami di Karangampel, Indramayu) dan berniat untuk menyebarkan buletin ini secara gratis (tentu dengan dana swadaya anda sendiri), anda bisa mengirim email ke pondok.hati@yahoo.com (dengan subject: BULETIN SYi@R ISLAM). Kami akan kirimkan softcopy-nya (ebook berupa file pdf) ke email anda, dan nama anda akan tercatat sebagai bagian dari staff distribusi buletin ini. Tentu saja dengan syarat buletin ini diperbanyak tidak untuk diperjual belikan, tetapi dibagikan gratis kepada pihak-pihak yang menginginkan, terutama untuk masjid-masjid disekitar wilayah anda berada. Dengan demikian, ada pun secara tidak langsung menjadi donatur dan relawan sekaligus seperti kami.

 

Semoga apa yang kita lakukan ini menjadi berkah dalam kehidupan. Menyebarkan dakwah Islam lewat tulisan (Dakwah Bil Qolam). Mari bershodaqoh, lalu perhatikan apa yang terjadi! [Hehe.. kata-kata terakhirnya meniru Pak Mario Teguh]

 

Wassalam,

PONDOK HATI Reading Park/Taman Bacaan

Jl. Simpang 3 Mundu Rt. 14/07 Kec. Karangampel Kab. Indramayu 45283

e-mail : pondok.hati@yahoo.com

Iklan

3 comments on “(4) Buletin Syi@R Islam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s