Belajar dari Delisa, Gadis Kecil Berwajah Cahaya

Namanya Delisa. Enam tahun usianya. Gadis kecil dari Lhok Nga berwajah cahaya. Ia gadis periang dan baik hati. Impiannya tak muluk-muluk. Ia hanya ingin bisa menghafal bacaan shalat, seperti kakak-kakaknya dulu dan mendapat hadiah terindah berupa kalung yang ummi berikan untuknya. Maka hampir setiap hari ia pun menghafal bacaannya. Memulainya dengan doa iftitah: “… innash-sholaatii wanusukii wamahya-ya wa ma-maati lillaahi robbil ‘aalamiin..” (Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanya untuk Allah, Tuhan seru sekalian alam). Lalu beralih menghafal pada bacaan ruku’ dan sujud yang sering tertukar karena miripnya.
“Subhaana robbiyal ‘adhiimi wa bihamdi” (Maha suci Tuhanku yang maha besar dengan segala pujiannya)
“Subhaana robbiyal a’laa wa bihamdi” (Maha suci Tuhanku yang maha tinggi dengan segala pujiannya)
Ya, impiannya cuma satu: bisa menghafal bacaan shalat dengan sempurna.

Dan hari itu pun tiba. Saat dimana ia mulai diuji hafalan shalatnya di sekolah tercinta. Ia pun mulai membaca takbiratul ihram dan doa iftitah. Lalu, tanpa di duga, “Duaarrr….” Bumi terguncang Langit-langit sekolah runtuh. Air menggunung, bergulung-gulung menenggelamkannya.

Baca lebih lanjut

Jangan Bakar Surgamu!

Apakah anda pernah mendengar kisah Al Qomah? Sebuah kisah nyata yang benar-benar terjadi pada zaman Rasulullah Saw. Baiklah, kami akan menceritakan kisah populer ini untuk anda dengan harapan kita bisa mengambil hikmahnya.

Siapakah Al Qomah?

Al Qomah adalah seorang sahabat Nabi. Dia adalah seorang pemuda yang shaleh. Dia pernah ikut berjihad mempertahankan Islam bersama Rasulullah. Selain shaleh, ternyata Al Qomah juga suka menolong sahabat-sahabatnya. Ketika menikah, ia tinggal bersama istrinya di sebuah rumah yang terpisah agak jauh dari rumah orang tuanya. Mereka tinggal berdua karena belum juga dianugerahi seorang anak. Pada suatu hari, istri Al Qomah dengan tergesa-gesa menghadap Rasulullah. Ia memberitahukan bahwa suaminya sakit keras dan sepertinya sedang mendekati ajal.

 

Maka Rasulullah pun mengutus Bilal, Suhaib dan Amar untuk menjenguknya dan membacakan talqin (menuntun orang yang akan meninggal dengan kalimat toyyibah). Tetapi Al Qomah mendadak bisu. Mulutnya seperti terkunci. Berulang kali mereka mencoba membisikkan kalimat-kalimat suci itu ke telinga Al Qomah. Namun hasilnya tetap saja. Al Qomah tetap membisu.

Baca lebih lanjut

(Bukan) Keluarga “Fantastic Four”

Pernah nonton film Fantastic Four? Itu tuh, empat orang yang punya kekuatan ajaib. Ada Reed Richards (Mr. Fantastic) yang punya badan superelastis, yang bisa melar sepanjang yang dia mau. Ada Susan Storm (Invisible Girl) yang bisa ngilang gak kelihatan. Trus Ada Johnny Storm (Human Torch) yang tubuhnya bisa menyala api dan punya kemampuan terbang. Dan terakhir, Ben Grimm (The Thing) yang menjelma menjadi manusia batu yang sangat kuat. Sebelum dilayarlebarkan, Fantastic Four lebih dulu tayang lewat serial kartun (bikinan Stan Lee). Menjadi lebih menarik dengan penggambaran visual yang seolah nyata dalam bentuk manusia normal seperti kita-kita. Wah, wah..Seru juga liat film ini. Empat orang yang menjelma menjadi superhero, pahlawan kebajikan.

Baca lebih lanjut

‘Ramalan’ Kiamat dari Rasulullah

Sudah bulan Desember. Berarti tak kurang sebulan lagi kita akan berganti tahun menjadi tahun 2010. Waktu memang berjalan cepat sekali tanpa bisa dihentikan. Konon katanya, setahun seperti sebulan, sebulan seperti seminggu, seminggu seperti sehari, sehari seperti sejam, sejam seperti semenit, semenit seperti sedetik, sedetik seperti sekejap mata. Huiih, setelah itu tahun 2011 dan kemudian tahun 2012. Appa? 2012?? Yupp, bener banget. Emang ada apa?? Ih, gak denger berita heboh ya. Menurut kalender SUku Maya, tahun 2012 diprediksi sebagai akhir dunia. Mungkin tahun itu, adalah tahun terakhir umur bumi, setelah itu.. duarr! Bumi kiamat! Appa???? (tak kalah kaget-nya). Aduh.. aduh… ketinggalan berita banget sih. Berita heboh ini sudah menyebar hampir ke seluruh penjuru negeri. Bahkan tidak tanggung-tanggung, Hollywood dengan imajinasinya berhasil membuat gempar dunia dengan membuat film dengan judul 2012. Film ini mengisahkan tentang akhir dunia yang mereka sebut ki-a-mat. Seperti memiliki timing yang pas, strategi pemasaran film ini benar-benar sukses-ses. Hollywood untung besar. Isu yang tercipta telah membuat sebagian besar orang penasaran, gimana sih visualisasi (seandainya benar) tentang proses kejadian hari kiamat di tahun 2012.

Baca lebih lanjut

Emak Ingin Naik Haji 2012

Apa kabarnya jemaah haji Indonesia? Mm.. sepertinya secara bertahap hampir sebagian besar jamaah haji kita telah diberangkatkan menuju Mekkah, baik itu berasal dari Madinah (gelombang I) maupun dari tanah air (gelombang II). Meskipun saya belum diberi kesempatan untuk berziarah ke tanah suci, setiap tahun saya selalu berhubungan dengan bapak-bapak dan ibu-ibu calon jemaah haji. Maklum saja, saya ikut bantu-bantu bagian kesekretariatan di Kelompok Bimbingan Jamaah Haji  (KBIH) AN NAHDIYYAH Wilayah Eks Kawedanan Karangampel Kab. Indramayu. Jadinya, setiap tahun selalu bertemu dengan para calon jamaah haji.

Menurut pengamatan saya, calon jamaah haji (khususnya di daerah saya) kondisinya cukup beragam. Dari segi pendidikan, mulai dari orang yang tidak lulus SD sampai dengan S1 bahkan S2. Dari segi usia, jelas dong beragam. Mulai dari usia remaja sampai dengan bapak/ibu yang berusia senja. Dari segi pekerjaan, ada yang berprofesi petani, pedagang, pegawai swasta, pegawai negeri, guru ngaji, pokoke macem-macem deh. Semua kumpul jadi satu dengan niat yang sama: Ingin diberi kesempatan untuk berziarah ke tanah suci menunaikan ibadah haji.

Baca lebih lanjut

September Tragedi

Sebenarnya, banyak film-film bergenre horor dan mistis yang bikin bulu kuduk merinding dan ngeri. Di luar negeri, jaman-jaman dulu ada film misteri yang cukup ‘menakutkan’ yakni Friday 13th. Kisahnya yang misterius kadang bikin jantung deg-degan. Film –film mandarin pun tak kalah seru dan mistisnya. Kalo di Indonesia sendiri, film-film serupa pun tak kalah banyaknya, terutama horor jadul (jaman dulu) dengan pemeran utama Suzanna (ih, paling sering banget nih) sampe horor modern yang intinya sama namun dikemas lebih ‘modern’. Huihh.. Untuk urusan sadis-mensadis (istilah apa pula ini?) banyak banget film (terutama luar negeri) yang bercerita tentang kekerasan. Ih, pokonya ngeri banget deh.

G30SNamun bagiku, film paling ‘serem’ sekaligus dengan tambahan misterius dan agak-agak sadis adalah film “Pengkhianatan G 30 S/PKI (1984)” karya sutradara Arifin C. Noer.  Film ini diwajibkan oleh pemerintah Orde Baru untuk diputar di semua stasiun televisi setiap tahun pada tanggal 30 September untuk memperingati insiden Gerakan 30 September 1965.

Wuihh, sampe sekarang kalo disuruh nonton film itu, masih agak mikir-mikir walaupun zamannya sekarang udah beda. Waktu masih kecil, perasaan serem dan ngeri kental banget terasa. Makanya, aku tidak pernah tuntas nonton film itu, selain durasi yang lamaaa banget juga karena ‘serem’nya itu. Padahal kalo jaman sekarang sih, banyak banget film-film yang lebih ngeri dan ‘sadis’ dibandingkan film itu. Namun entah kenapa, film itu merupakan film paling ‘seram’ yang pernah ada di Indonesia, menurutku. Makanya, jadilah tanggal 30 September merupakan hari yang paling aku benci, Karena tepat tanggal itu, salah satu televise wajib menyiarkan film tersebut. Yupp, dikatakan wajib karena semasa orde baru film tersebut haruslah diputar tepat tanggal 30 september setiap tahunnya.

Baca lebih lanjut

Ujian (Sekolah) Hayat

Apa jadinya jika anda seorang pelajar yang sebentar lagi akan menempuh ujian tiba-tiba disibukkan oleh hal lain yang juga tidak boleh ditinggalkan? Apakah anda akan tetap ikut ujian sekolah dan mengabaikan urusan rumah tangga ataukah tetap mematuhi perintah orang tua menjaga adik bayi yang masih kecil dengan konsekuensi tidak mengikuti ujian sekolah? Padahal kedua hal itu sama-sama penting.


hayat1Inilah yang dipikirkan oleh Hayat, seorang gadis kecil yang tiba-tiba saja diserahi tugas mengurus rumah tangga oleh ibunya gara-gara sang ayah mendadak masuk rumah sakit. Padahal hari itu, ada satu yang tak kalah pentingnya yakni mengikuti ujian negara yang menentukan apakah ia akan lulus sekolah atau mengulangnya tahun depan. Sungguh pilihan yang sulit, bukan?

Baca lebih lanjut

Mengejar Layang-layang Kehidupan

kite_runnerAku memiliki satu kesempatan terakhir untuk mengambil keputusan, untuk menentukan apa jadinya diriku. Aku bisa melangkah memasuki gang itu, membela Hasan dan menerima apa pun yang mungkin menimpaku. Atau, aku bisa melarikan diri. Akhirnya, aku melarikan diri.

Amir telah mengkhianati Hassan, satu-satunya sahabatnya, saudaranya. Rasa bersalah kini mengantuinya. Menyingkirkan Hassan dari kehidupannya adalah pilihan tersulit yang harus diambilnya.

Namun setelah Hassan pergi, tak ada lagi yang tersisa dari masa kecilnya. Seperti layang-layang putus, sebagian dari dirinya terbang bersama angin. Tetapi masa lalu yang telah terkubur dalam-dalam pun senantiasa menyeruak kembali. Hadir membawa luka-luka lama. Dan seperti rapuhnya layang-layang, tak kuasa menahan badai, Amir harus menghadapi kenangannya yang mewujud kembali.

Baca lebih lanjut

Dae Jang Geum

jang-geum

PERNAH nonton drama Korea yang judulnya Jewel in The Palace gak? Itu loh drama yang terinspirasi dari kisah nyata tentang kehidupan seorang dayang sekaligus perawat istana bernama Jang Geum? Pernah gak? Kalo pernah, apa komentarmu?

Setidaknya, mungkin komentar kita adalah sama. Sungguh, luar biasa! Melalui drama tersebut, kita diajak berkeliling ke masa lalu (upps, jadi kayak Mesin Waktu nih!), melihat negeri Korea pada masa awal kekaisaran. Disanalah kita bertemu dengan tokoh utama kita: Jang Geum. Kita diajak untuk mengikuti detil perjalanan hidupnya mulai dari masa kecil hingga dewasa.

Baca lebih lanjut

Laskar Pelangi: Fiksi atau True Story?

Salah satu buku sastra paling populer beberapa tahun belakangan ini adalah novel Laskar Pelangi karya penulis Andrea Hirata. Ini merupakan buku pertama dari tetralogi di samping Sang Pemimpi, Edensor dan Maryamah Karpov. Saya tidak akan membahas keempat buku tersebut secara bersamaan, karena pada tulisan ini saya akan lebih banyak mengungkap tentang buku best seller (sebenarnya rata-rata keempatnya merupakan best seller) yakni Laskar Pelangi.

Selain laris manis dalam bentuk buku (terbukti dari cetak ulang yang berkali-kali), Laskar Pelangi juga telah ditampilkan dalam bentuk layar lebar. Kisahnya menjadi lebih dramatis karena pembaca dapat bisa secara langsung melihat dengan jelas visualisasi dari novel tersebut. Selain menyajikan pemandangan alam Belitung yang indah (yang masih belum banyak terjamah tangan manusia), kita akan terhanyut oleh film yang disutradarai oleh Riri Riza ini. Maka seperti juga bukunya, filmnya pun laris manis bak kacang goreng, ditonton oleh banyak orang. Seperti film Ayat-ayat Cinta, Pak Presiden SBY pun bersama stafnya menyempatkan diri untuk menontonnya. Menonton film ini, sadar atau tidak, audiens akan terhanyut pada kisah sederhana yang mengharu biru ini. Semua rasa menjadi satu, ada sedih, senang, suka, duka, lucu, penuh warna seperti goresan pelangi.

Baca lebih lanjut