Keajaiban Menangis

menangisAnda pernah menangis? Pernah, sering atau justru tidak pernah? Menangis karena apa? Karena sakit, luka, terjatuh, marah, benci, kesal atau apa? Beruntunglah orang yang pernah menangis, apalagi dia menangis karena Allah. Berbagai penelitian membuktikan bahwa menangis memiliki beberapa keutamaan. Dr. Ahmad Hatta, MA dalam bukunya Teladan Muhammad, merangkum tentang keajaiban menangis dan berair mata, diantaranya:

  1. Membantu penglihatan mata. Air mata membantu penglihatan seseorang, jadi bukan hanya mata itu sendiri. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.
  2. Membunuh bakteri. Tak perlu obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai antibakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan disebut lisozom yang dapat membunuh sekitar 90-95% bakteri yang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga/pintu, ketika bersin dan tempat lain yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit.
  3. Baca lebih lanjut

Iklan

Benarkah 2012 Akhir Dunia?

Sudah mendekati akhir bulan Desember. Berarti, tak kurang beberapa hari lagi kita akan memasuki tahun 2012. Itu jika kita menggunakan hitungan kalender Masehi, kalender yang didasarkan pada perputaran bumi mengelilingi matahari. Waktu memang berjalan cepat sekali tanpa bisa dihentikan. Konon katanya, setahun seperti sebulan, sebulan seperti seminggu, seminggu seperti sehari, sehari seperti sejam, sejam seperti semenit, semenit seperti sedetik, sedetik seperti sekejap mata.

Masih ingatkah anda beberapa tahun silam tentang perdebatan fenomenal akhir dunia yang terjadi pada tanggal 21 bulan 12 tahun 2012? Mengapa? Karena kalender suku Maya di Amerika sudah habis masanya. Mereka menduga, jika kalender telah habis, maka dunia pun akan berakhir. Saking hebohnya berita ini, Hollywood sempat membuat film dengan judul yang sama. Film ini mengisahkan tentang akhir dunia yang mereka sebut ki-a-mat. Hollywood untung besar, film ini laris di pasaran. Sebagian besar orang menonton hanya karena rasa penasaran, bagaimana sih penggambaran proses kejadian hari kiamat di tahun 2012? Anda percaya?

Baca lebih lanjut

Buku-buku Aneh dalam Sejarah

Buku pertama kali ditulis dengan tangan, baik oleh budak yang terampil atau oleh para ahli yang dibayar. Industri penerbitan berkembang di Mesir kuno, Roma atau Yunani. Tentu saja, buku-buku pada zaman itu masih berbentuk gulungan dari kertas papirus. Tulisan pada gulungan itu biasanya mengenai sastra kuno, agama, dan hukum dan dibeli oleh mereka yang tertarik. Prakteknya sama seperti kita membeli buku pada zaman sekarang. Buku yang kita kenal sekarang terdiri dari lembaran-lembaran yang digabungkan menjadi satu dan baru muncul pada abad kedua.

Baca lebih lanjut

Asal Usul Ritsleting

Tahukah anda, siapakah penemu ritsleting (dalam bahasa inggris disebut zipper)? Iya, sebuah alat sederhana yang banyak digunakan pada pakaian (terutama celana). Anda tahu? Ternyata sejarah penemuan risleting disebabkan oleh sifat tidak sabar sang penemunya. Dulu, ritsleting tidak digunakan untuk pakaian tetapi digunakan pada sepatu dan sepatu bot. Untuk mengetahui kisah tentang ritsleting ini, kita harus kembali dulu ke tahun 1890-an yaitu di zaman ketika sepatu memiliki kancing yang tinggi. Sepatu model seperti ini memerlukan jari-jari yang cekatan dan kesabaran untuk memasang dan melepaskan kancingnya.

Whitcomb Judson hidup di zaman itu, dan kebetulan ia bukan termasuk ke dalam orang yang sabar. Untuk memakai sepatu kadang menghabiskan waktu lebih dari 15 menit, sungguh pekerjaan yang sangat menyebalkan. Berkat ‘ketidaksabaran’ nya, ia pun mencari ide bagaimana caranya memakai sepatu dengan cepat. Ia pun menemukan alat yang yang ia sebut pengait untuk mengunci dan membuka sepatu. Alat ini terdiri dari dua rantai metal tipis yang dapat disatukan dengan menarik sebuah slider ditengah-tengahnya. Alat ini dipatenkan tahun 1893. Hanya saja, penemuan Judson ini tidak bekerja baik. Alat ini kadang sering macet, terlepas atau bahkan terbuka sendiri. Judson putus asa tapi ia tidak menyerah. Ia yakin suatu saat penemuannya akan terkenal.

Baca lebih lanjut

Jum’at yang Aneh: Tanda Apakah ini?

Bagi orang Islam, hari Jum’at merupakan hari istimewa. Pasalnya banyak hal-hal yang menyebutkan kalo hari jum’at memiliki banyak keistimewaan. Rasulullah Saw sendiri menyebut kalo hari Jum’at merupakan Sayyidul Ayyam (hari yang agung) karena pada hari ini, umat muslim khususnya yang laki-laki diperintahkan untuk menunaikan shalat Jum’at. Sebuah ibadah wajib yang harus dilakukan di masjid, seminggu sekali. Betapa penting shalat jum’at sampai-sampai ada satu surat dalam Al qur’an yang dinamakan Al Jumu’ah yang salah satu ayat-nya memerintahkan kaum muslim menunaikan shalat Jum’at dan meninggalkan jual beli untuk sementara waktu. Baru setelah shalat jum’at mereka pun diperbolehkan untuk bertebaran dan kembali mencari nafkah. Ibadah jum’at ‘mirip’ dengan hari Sabbat (sabtu) yang diperintahkan Allah kepada kaum Yahudi. Hanya bedanya, kaum Yahudi banyak yang melanggar dan sebagian dari mereka dikutuk menjadi kera.

Baca lebih lanjut

Gus Dur dan Angka 9

Orang Nahdlatul Ulama (NU), organisasi massa islam terbesar di Indonesia seneng banget dengan angka 9. Menurut mereka, angka 9 merupakan angka ‘sakti’. Hal inilah yang menyebabkan NU seringkali menggunakan angka 9 dalam beberapa hal, salah satunya adalah pada lambang NU itu sendiri. Terdapat 9 bintang yang menghiasi bola dunia dan tulisan arab Nahdlatul Ulama yang menjadi ciri khas lambang mereka. Wali songo, penyebar agama Islam di pulau jawa berjumlah 9 orang. Asmaul Husna (nama-nama Allah yang agung) berjumlah 99 nama. Selain itu, angka 9 merupakan angka tertinggi dalam kaidah penghitungan matematika. Angka 10 dan seterusnya hanyalah merupakan gabungan dua angka yang berbeda. Lebih lanjut, angka berapapun jika dikalikan dengan 9, lalu dijumlahkan unsur-unsur bilangannya, akan menghasilkan angka 9 juga. Gak percaya? Yuk kita coba.

Baca lebih lanjut

Ternyata, Go Blog Bikin Pinter!

SELAMAT, ANDA SEDANG MEMBACA POSTINGAN KE-99!

He..he.. kirain ada apa. Yupp, gak kerasa banget tepat ditanggal ini setahun yang lalu aku memulai aktifitas yang kata orang disebut weblog/blog/blogging/nge-blog atau apalah namanya. Sebenarnya, semenjak dulu, aku memimpikan punya website pribadi sebagai ajang menuangkan ide, gagasan atau apapun itu. Namun, mimpi tinggal mimpi karena aku memang awam tentang masalah ini. Sepertinya, angan seperti itu masih sangat langka di tahun 2000-an. Belakangan, aku seperti mendapat ‘bintang jatuh’.  Tirai mimpi untuk membuat website pribadi sedikit demi sedikit mulai terbuka seiring menjamurnya weblog di dunia maya. Gratis pula. Jadilah anganku tercapai sudah. Punya sarana untuk menuangkan ide berupa tulisan yang bisa langsung dibaca oleh banyak orang (seluruh dunia).

Baca lebih lanjut

By pondokhati Posted in UNIK Dengan kaitkata ,

Hari ini tepat 999!

Sekilas, hari ini tampak biasa. Seperti hari-hari biasa yang kita lalui bersama. Menjalankan semua aktivitas yang menjadi rutinitas keseharian kita. Yang punya kantor… ya ngantor. Yang punya sekolah.. ya ke sekolah. Yang gak punya apa-apa… ya gak apa-apa. Hehe..  Pokoke semua berjalan seperti biasa aja. Lagian hari ini juga masih bulan Ramadhan, memasuki hari ke- 19 bukan? Yang jelas… masih sibuk puasa.

999

Namun ternyata, hari ini bukan sekedar hari biasa. Setidaknya ini menurutku. Sebagian besar orang mungkin udah pada tahu (atau anda masih belum ‘ngeh’ juga?). Yupp, bener banget. Hari ini tepat tanggal 09 bulan 09 tahun 09, maksdunya 9 September 2009. Tiga angka sembilan nangkring tepat pada hari ini. Kalo lebih seru lagi, harusnya tulisan ini dibuat jam 09 : 09 : 09 WIB yang lalu. Tapi udah telat deh. Biarlah, yang penting aku udah nulis tanggal dan jam unik tersebut di komputer rumahku. Hehe…

Sekali lagi, angka 999. Unik bukan? Kejadian ini sama persis seperti dua atau setahun yang lalu yakni 777 (tanggal 7 Juli 2007) atau 888 (tanggal 8 Agustus 2008). Biasanya, kalo tanggalnya unik gini, sering dimanfaatkan orang untuk melalukan hal-hal yang bisa dikenang sepanjang memori kehidupan mereka. Salah satunya adalah pernikahan.

Baca lebih lanjut