(5) NUbuxu

BUKU-BUKU WARISAN UNTUK ANAK CUCU.

“Menorehkan sejarah, bahwa aku pernah ada!”

1. Buku “Hidup Tanpa Masalah”

Penulis  : Ibnu Atoirahman

Penerbit : DAR!Mizan, 2006

Genre    : NON FIKSI (motivasi/pengembangan diri untuk remaja)

ISBN     : 979-752-459-0

Sebuah pertanyaan tiba-tiba terlintas dalam benakku : “Apa sih hakekat kehidupan?”. Sudah hampir seperempat abad akuhidup di dunia. Namun tidak juga kutemui makna sebuah kehidupan. Menggantung. Aku seperti sedang menunggu bintang jatuh..

Buku ini unik dan menarik karena gabungan dari berbagai hal mulai dari cerpen, kisah, puisi, film, pengalaman, pengetahuan, sains etc yang insya Allah sarat dengan hikmah.  Makanya, buruan dapetin buku ini dan temukan jawaban pertanyaan di atas.

2. Buku “Do You Feel Happy?”

Penulis  : Ibnu Atoirahman

Penerbit : LeutikaPrio, 2011

Genre    : NON FIKSI (motivasi/pengembangan diri untuk remaja)

ISBN     : 978-602-98207-4-4

Pernahkah anda mendapat sebuah pertanyaan, “Apakah Anda Bahagia?”. Hmm.. Sepertinya pertanyaan ini menarik juga. Untuk menjawab pertanyaan itu, penulisnya mengajak kita merenung. Tidak puas dengan merenung, penulis juga bertanya pada orang-orang (baik kenal maupun tidak) tentang arti kata ‘bahagia’ menurut definisi mereka. Sangat beragam. Dan jawaban-jawaban mereka pun ditampilkan juga dalam buku ini.

Buku ini terdiri dari tiga bagian penting. Di bagian pertama buku ini, penulis mengajak kita untuk merenung bersama. Di bagian keduanya, mengajak untuk belajar bersama. Dan di bagian ketiga, ada kisah-kisah menarik yang bisa kita baca dengan santai. Merenung, belajar dan berkisah tentang bahagia.

Buku ini unik, karena merupakan gabungan dari esai-esai, kisah-kisah dan cerpen. Semuanya terangkum menjadi satu kesatuan yang padu. Buku ini menjadi semacam panduan khususnya untuk remaja karena disampaikan dengan bahasa santai dan tidak terlalu formal. Setidaknya, melalui buku ini penulisnya ingin berbagi pemikiran dan kisah-kisah sederhana yang insya Allah sarat makna.

3. Ebook Antologi “Resolusi 2011”

Penulis  : Pemenang kontes menulis resolusi diri 2011 by Hasfa Publisher

Penerbit : Hasfa Publishing, 2011

Genre    : NON FIKSI (motivasi/impian)

Ebook ini berisi kumpulan resolusi diri yang ditulis oleh  para pemenang kontes menulis yang diadakan Hasfa Publisher melalui facebook. Mereka diantaranya adalah Mbak Naqiyyah Syam, Mbak  Sabrina WS, Mbak Ade Anita,dkk termasuk secuil impianku di tahun 2011 ini. Diterbitkan dalam format ebook berjudul “RESOLUSI 2011”. Jumlahnya mencapai 111 Resolusi yang ditulis dengan singkat (rata-rata 333 karakter saja).  Seperti dalam pengantarnya, Mas Agus Faizal menyatakan bahwa “Sebuah resolusi bisa menjadi revolusi, revolusi di dalam diri. Dan itu menjadi sebuah energi hingga menjadi sebuah keajaiban yang penuh dengan kejutan. Setiap kejutan memberi keterperangahannya tersendiri. Semakin bisa dinikmati, semakin memberi misteri yang tak bisa ditampikkan begitu saja oleh akal dan kesadaran.”

4. Antologi “Para Guru Kehidupan

Penulis  :Epri Tsaqib dkk (ada tulisanku juga loh :))

Penerbit : Gerai Buku, 2011

Genre    : NON FIKSI (kisah inspiratif)

Dalam hidup, kita pasti pernah bertemu orang yang berpengaruh besar terhadap kehidupan kita atau pengalaman tertentu yang bisa membawa perubahan dalam hidup kita menjadi lebih baik. Semua pengalaman itu terangkum apik dalam buku ini. Membawa kita untuk mengenang sosok yang telah berjasa dalam hidup sekaligus menginspirasi kita untuk belajar dari para guru kehidupan dalam buku ini.

Ada 47 kisah seru dalam buku ini. Yang bisa membuat kita merenung dalam-dalam membaca kisah-kisah mereka. Ada perjuangan. Ada kenangan. Ada harapan. Ada impian. Sangat inspiratif.

5. Antologi “Blogger Berbagi Kisah Sejati”

Penulis : Anazkia, Akhi Dirman, Naqiyyah Syam, dkk (ada tulisanku juga loh :))

Penerbit : IndiePro, 2011

ISBN      : 978-602-9142-09-9

Genre    : NON FIKSI (kisah inspiratif)

“Kisah sejati selalu ada di setiap kehidupan manusia, hal yang manusiawi mengingat setiap orang menjalani keunikan hidupnya dengan takdir masing-masing. Andai ada kekecewaan dalam kisah sejati tersebut, perlu diingat bahwa setiap orang pasti melewati fase kekecewaan dalam hidup dengan bentuk apapun dan sebahagia apapun terlihat orang lain, jadi tidak perlu iri melihat kebahagiaan orang lain. Selamat belajar kehidupan dari kumpulan kisah sejati ini🙂 ”

Ari Wijaya, Penyiar Radio 103.4 DFM Jakarta,
Founder Komunitas Blogger Multiply Indonesia

Buku ini berawal dari lomba menulis untuk para blogger yang mengangkat tema “Berbagi Kisah Sejati”. Dari ajang tersebut terpilihlah para blogger yang akhirnya naskahnya dibukukan sebagai dokumentasi, juga kenang-kenangan. Juga menjadi pelajaran, bahwa beragamnya kehidupan, itu penuh dengan warna suka dan duka. Tak semestinya kesedihan itu berpanjangan, ada kalanya sedih berujung pada kebahagiaan.

Dua puluh lima kisah sejati para blogger, yang kadang tak sedikit menguras air mata saat membacanya. Di sini, dalam buku ini, ada blogger, berbagi kisah sejati.

6. Antologi “Dear Love”

Penulis  :111 Penulis  (ada tulisanku juga loh :))

Penerbit : Hasfa Publishing, 2011

Genre    : FIKSI (kumpulan Flash Fiction tentang jodoh dan cinta)

ISBN     : 978-602-98386-7-1

Inilah Antologi tentang cinta yang dihasilkan dari dua kegiatan lomba menulis flash fictions yang diselenggaraan oleh Hasfa Publishing. Setelah melalui seleksi, lomba FF pertama bertema perjodohan menghasilkan 75 tulisan. Sementara lomba FF kedua yang bertema long distance love menghasilkan 36 tulisan. Hidup itu cinta. Cinta itu telah lenyap seiring dengan terusirnya manusia dari firdaus.

Untuk menyempurnakan kehidupannya di dunia, manusia harus menciptakan cinta, berdasar pada template Sang Mahacinta, agar hidupnya kembali hidup. Cinta itu menghidupkan hidup manusia.

Dalam sejarah hidup manusia, sampai entah kapan pun, manusia harus terus dan terus menciptakan cinta sebagai mahakarya hidupnya di dunia. Dengan mengerahkan segenap daya hidup, akal, nurani dan nafsu, manusia harus terus berusaha menciptakan cinta dalam setiap tarikan nafasnya. Inilah pangkal hidupnya di dunia. Dari dalamnya akan tumbuh buah-buah cinta, yakni segala kebaikan, semua kekuatan, atau apapun yang dapat maupun tidak dapat dipahami oleh bahasa manusia. Tak mengapa. Karena tak semua hal memang dapat dipahami. Itulah kesempurnaan hidup, kesempurnaan cinta.

7. Antologi “Why Self Publishing”

Penulis  : Pemenang WN Leutika  (ada tulisanku juga loh :))

Penerbit : Leutika Prio, 2011

Genre    : NON FIKSI

ISBN     : 978-602-225-161-3

Menerbitkan buku bagi para penulis pemula kini sangatlah mudah. Penulis bisa menerbitkan buku sesuai dengan kemauan penulis sendiri, tanpa campur tangan pemilik penerbit. Hal itu memberikan kesempatan kepada para calon penulis pemula dalam menuangkan ide menjadi sebuah buku.

Self publishing memberi ruang seluasnya bagi berkembangnya kebiasaan menulis (dan membaca), menghilangkan sekat ‘selebriti’ kepenulisan. Sekarang, setiap orang bisa menulis dan menerbitkan karyanya. Bukan hanya mereka yang sudah terkenal sebagai penulis, atau mereka yang sudah terkenal (di bidang lain) kemudian menulis.

Self publishing sudah lama dilakukan oleh para penulis pemula di Barat. Meskipun secara kualitas masih sering diragukan, tetapi pada akhirnya cara seperti itu memberikan peluang untuk menjadi penulis besar, dan mereka berharap nasib serupa akan dialami oleh penulis pemula yang sedang memperjuangkan karyanya melalui self publishing. Karenanya, jangan ragu-ragu lagi untuk menulis dan menerbitkan buku.

8.  Antologi “S.K.E.T.S.A 17”

Penulis  : Aw Wibowo, Fadila Hanum, Faricha Hasan, Ibnu Atoirahman (ada tulisanku juga loh :))

Penerbit : Leutika Prio, 2011

Genre    : FIKSI (kumpulan Cerpen)

ISBN     : 978-602-225-070-8

S.K.E.T.S.A 17 adalah goresan hitam putih kehidupan manusia. Merangkum 17 kisah menarik penuh warna. Ada canda, tawa, duka, juga nestapa. Dengan beragam rasa dan beragam cara menyuguhkannya. Menjadi bintang dadakan, bagaimana rasanya? Apakah seperti mimpi? Atau benar-benar hanya mimpi? Kejujuran yang menjadi harga mati seorang guru akankah berbuah manis? Bagaimana kisah lelaki pemabuk yang mendadak menjadi imam salat setelah dipercaya bertemu malaikat? Apa yang akan dilakukan ketika ada yang mengatakan sisa waktumu di dunia tinggal sepuluh hari lagi? Demam Justin Biebier, hati yang terkena tsunami, pengantar mayat yang lari tunggang langgang, pemuda yang memiliki taring panjang di sela-sela gerahamnya, juga kisah lainnya yang terangkum apik dalam S.K.E.T.S.A 17. Dan pada akhirnya, BUMM!!! Apakah yang terjadi?

… semoga menjadi amal jariyah. semoga berkah. semoga bisa menyusul buku-buku berikutnya. Aamiin🙂

2 comments on “(5) NUbuxu

  1. mas Ibnu, ada di resolusi diri juga, ya? nomor brp?? :))

    >>>pH: Hayoo tebak nomer berapa? pasti ketauan. hehe..🙂. emang mbak dew nomer berapa??

  2. ooooh…ada yaaa? coba kucari-cari aaah…:)

    >>>pH: Sebenere ada dua, Mbak. Yang gampang kedeteksi cuma satu. Hayoo yang nomer berapa? *puyeng nyari punya Mbak Brin yang mana?*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s